*Kemarin, Musda Ke-IX Gerakan Pramuka Papua Digeler

Pembukaan Musda Ke-IX Gerakan Pramuka Papua di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, dihadiri Gubernur Papua melalui Staf ahli Gubernur Papua bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Papua Elsye Rumbekwan, Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., Ka Kwarda Gerakan Pramuka Papua Kristhina L.I.R Mano, Kepala DPPAD Papua Kristhian Sohilait, ST.,M.Si., dan Forkopimda Papua serta Kwarcab Gerakan Papua Kabupaten Kota, Kamis (19/11)kemarin. ( FOTO: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA- Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Papua menyelenggarakan musyawarah daerah (Musda) Ke-IX yang berlangsung di Kota Jayapura, bertempat di Aula Sian Soor  Kantor Wali Kota Jayapura, dihadiri Gubernur Papua melalui Staf ahli Gubernur Papua bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Papua Elsye Rumbekwan, Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., Ka Kwarda Gerakan Pramuka Papua Kristhina L.I.R Mano, Kepala DPPAD Papua Kristhian Sohilait, ST.,M.Si., dan Forkopimda Papua serta Kwarcab Gerakan Papua Kabupaten Kota, Kamis (19/11)kemarin.

  Gubernur Papua dalam sambutanya yang dibacakan Staf ahli Gubernur Papua Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Papua Elsye Rumbekwan mengatakan, gerakan Pramuka hadir untuk mempersatukan bangsa Indonesia dan hadirnya Gerakan Papua menanamkan nilai-nilai semangat kegotongroyongan dalam mempersatukan gerak langkah generasi muda Indonesia khususnya Papua untuk terus menjunjung tinggi dasa dharma Pramuka, yakni Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia; Patriot yang sopan dan kesatria; Patuh dan suka bermusyawarah; Rela menolong dan tabah; Rajin, terampil, dan gembira; Hemat, cermat, dan bersahaja; Disiplin, berani, dan setia; Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

  Di tempat sama, Wali Kota Jayapura  Benhur Tomi Mano, yang juga sebagai Kabimda Gerakan Pramuka Kota Jayapura, berharap Gerakan Pramuka di Kota Jayapura harus mampu menjaga semangat kegotong royongan dalam menjaga kedaulatan NKRI. 

  ” Selama ini eksistensi gerakan Pramuka Papua sudah cukup bagus karena berkontribusi kepada pemerintah daerah maupun masyarakat, karena telah membantu dalam segala hal seperti adanya pandemi Covid 19 gerakan Pramuka Papua langsung turun membagikan masker, melakukan penyemprotan desinfektan dan sosialisasi protokol kesehatan serta kegiatan-kegiatan lainnya yang sangat membantu sekali,”imbuhnya.

  Sementara itu, Ka Kwarda Papua Kristhina L.I.R. Mano, SIP.,MAP.,dalam laporannya dikatakan, Musda Ke -IX Gerakan Pramuka Papua dilaksanakan dari tanggal 19-21 November 2021 di Kota Jayapura selama Musda tetap diperhatikan penerapan protokol kesehatan. (dil/wen)