BATU PERTAMA: Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, SH., M.Si., saat akan meletakan batu pertama pembangunan Gereja Katolik Stasi Kristus Raja Ilugwa Paroki Kristus Terang Dunia Yiwika, Rabu (24/6) kemarin. ( FOTO: Humas Pemkab Mamteng for Cepos)

ILUGWA-Bupati Mamberamo Tengah (Mamteng) Ricky Ham Pagawak, SH., M.Si., mewujudkan janji imannya dengan membangun gedung gereja bagi umat Katolik di Distrik Ilugwa Kabupaten Mamberamo Tengah.

Pembangunan gereja Katolik Stasi Kristus Raja Ilugwa Paroki Kristus Terang Dunia Yiwika Dekenat Pegunungan Tengah Keuskupan Jayapura itu ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan oleh Bupati Ricky Ham Pagawak (RHP) dan Dekan Dekenat Pegunungan Tengah Pastor Kornelis, Rabu (24/6) kemarin.

Dalam peletakan batu pertama pembangunan Gereja Katolik itu, dihadiri Wakil Bupati Yonas Kenelak, S.Sos, Ketua DPRD Hengky Dani Yikwa,SE, 9 Pastor Paroki Dekenat Pegunungan Tengah dan ratusan umat Katolik Stasi Kristus Raja Ilugwa.

Bupati Ricky Ham Pagawak mengatakan, ini merupakan bukti janji iman yang sudah pernah disampaikan kepada umat Katolik di Distrik Ilugwa bahwa akan selalu ada mendukung pekerjaan Tuhan. Salah satunya dengan membangun gereja Katolik.   

Menurut Bupati Ricky Ham Pagawak, pembangunan gereja merupakan program pemerintah untuk menyiapkan fasilitas seperti gereja agar umat bisa beribadah dengan nyaman.

Baginya, pemerintah punya kepedulian yang besar bagi gereja. Sebab Kabupaten Mamberamo Tengah ini bisa ada, karena andil dari gereja dengan memberikan rekomendasi.

“Dengan gedung gereja yang layak, akan memberikan motivasi kepada umat di Stasi Kristus Raja Ilugwa untuk meningkatkan pertumbuhan iman mereka,” ujarnya.

“Ini juga bukti bahwa pemerintah tidak harus diam, tapi mendukung proram pengijilan lebih khusus di Gereja Injili Di Indonesia, dengan visi penginjilan belum selesai. Bagian daripada itu, kami juga hadir di Gereja Katolik,” tambahnya.

Bupati RHP menuturkan, perhatian bagi gereja Katolik, tidak hanya untuk umat di Distrik Ilugwa. Namun juga sudah dilakukan bagi Gereja Katolik Kristus Jaya Wamena Kabupaten Jayawijaya dan Paroki Sang Penebus Sentani Kabupaten Jayapura.

Bupati dua periode ini menjelaskan, dengan pembangunan Gereja Katolik, Pemkab Mamberamo Tengah tidak hanya memperhatikan satu gereja saja. Namun pemerintah hadir untuk semua dedominasi gereja yang ada di Mamberamo Tengah, baik itu GIDI, GKI, GJRP maupun Katolik.

Bupati berharap, umat Katolik di Distrik Ilugwa agar apa yang sudah dipersembahkan pemerintah untuk Tuhan ini dapat digunakan untuk memuliakan nama Tuhan.

Dekan Dekenat Pegunungan Tengah Pastor Kornelis mengatakan, atas nama Bapa Uskup dan juga umat Katolik Dekenat Pegunungan Tengah menyampaikan terima kasih banyak kepada pemerintah daerah Kabupaten Mamberamo Tengah melalui Bupati Ricky Ham Pagawak atas perhatiannya yang sangat luar biasa untuk pembangunan rumah ibadat bagi umat Katolik.

Pastor Kornelis mengakui, walau jumlah umat Katolik di Distrik Ilugwa ini tidak terlalu besar, namun pemerintah tidak melihat itu. Justru pemerintah membangun tempat ibadah bagi mereka. Bahkan untuk semua dedominasi gereja yang ada.

Menurutnya Pastor Kornelis, pemerintah mempunyai kewajiban untuk menjamin kehidupan beriman masyarakat.”Ini bukti nyata perhatian dan tanggugjawab pemerintah untuk masyarakatnya, terutama untuk umat Katolik yang ada disini,” imbuhnya.

Pastor Kornelis berharap, apa yang dibuat Bupati Mamberamo Tengah ini, hendaknya menjadi contoh bagi pemimpin-pemimpin daerah lainnya untuk melakukan hal yang sama.(Humas/reis/nat)