Suasana wisuda ATB yang diikuti 43 lulussannya, di Aula ATB, Sabtu (10/10). ( FOTO: Fiktor/Cepos)

BIAK-Akademi Teknik Biak (ATB) kembali melakukan wisuda terhadap 43 lulussannya, di Aula ATB, Sabtu (10/10). Mahasiswa/i sebanyak itu diwisuda dalam suasana pandemic Covid-19. Suasana wisuda kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelum, setiap peserta wisudawan wisudawati wajib mengkuti protokol kesehatan Covid-19, salah satunya wajib menggunakan masker dan jarak tempat duduk minimal 1 meter.

  Adapun ke-43 mahasiswa/I yang diwisuda itu masing-masing untuk jurusan  tekik sipil sebanyak 22 orang, lalu jurusan teknik mesin sebanyak 11 orang dan jurusan manajemen informatika sebanyak 10 orang mahasiswa. 

  Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, Dr. Suriel S Mofu, S.Pd, M.Ed, TEFL.,M.Phil memberikan apresiasi terhadap ATB yang kembali meluluskan 43 diploma III dan mengucapkan selamat bagi para wisudawan/i.

  “Atas nama menteri pendidikan kamu mengucapkan selamat kepada para wisudawan, dan tentu wisuda ini dilakukan karena keradaan ATB telah memenuhi syarat standar nasional. Dan atas kerja keras sehingga ATB telah terakreditasi saya ucapkan supaya terus ditingkatkan,” ujarnya di depan para wisudawan dan undangan yang hadir.

  Dalam kesempatan itu, Suriel Mofu mengingatkan tentang penting setiap mahasiswa dan lulusan memperhatikan kompetensi. Kompetensi atau keahlian dimiliki setiap mahasiswa atau lulussan diminta terus dikembangkan sejalan dengan kemajuan teknologi yang terus mengalami perkembangan. 

  “Skil atau kemampuan menjadi salah satu syarat yang perlu menjadi perhatian setiap lulusan, ini penting karena era sekarang adalah era persaingan yang cukuk ketat. Siapa yang tidak memiliki skil akan kesulitan di pasar kerja, ya minimal bisa mengembangkan diri untuk menciptakan lapangan kerja,” pungkasnya. 

  Sementara itu, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati, Otto P. Wanggai mengatakan, pemerintah daerah memberikan apresasi dan ucapan selamat terhadap pelaksaan rapat senat terbuka tentang wisuda ahli madya atau DIII bagi 43 mahasiswa ATB. 

  “Pemerintah Kabupaten Biak Numfor berharap lulusan mahasiswa ini ikut memberikan kontribusi terhadap kemajuan pembangunan di daerah, tentunya sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing. Untuk itu, diminta supaya ilmu yang telah didapatkan dapat aktualisasikan dan terus dikembangkan,” paparnya. (itb)