Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si saat tinjau wisma atlet yang terletak di Doyo Baru Sentani, Senin (20/4). ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan  Covid-19 yang juga Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si meninjau  bangunan wisma atlet yang akan digunakan untuk menampung para atlet pada PON 2020 ini.  Namun sementara ini, bangunan tersebut akan dipinjam pakai sementara oleh Pemkab Jayapura untuk menangani Pasien Dalam Pengawasan  (PDP) Covid-19 di wilayah Kabupaten Jayapura.

“Selama ini kita gunakan hotel, dan itu jauh sekali dari RSUD Yowari. Kita coba lihat, di sini ada  rumah susun yang dipersiapkan untuk atlet PON 2020,” katanya saat ditemui usai meninjau wisma atlet itu, Senin (20/4).

Mengenai pemanfaatan bangunan wisma atlet untuk penanganan PDP Covid-19 di Kabupaten Jayapura, pihaknya sudah menyurati Kementerian PUPR Republik Indonesia selaku pengelola bangunan tersebut. Sampai saat ini pekerjaan bangunan tersebut masih berlangsung khususnya di bagian lantai dua.

“Sambil ini dibangun, ada ruangan di lantai bawah yang bisa kita gunakan,” katanya.

Pihaknya memastikan bangunan wisma atlet itu hanya digunakan untuk penanganan PDP Covid-19. Selama ini untuk penanganan para  PDP ini masih menggunakan hotel dan beberapa kamar yang ada di ruang isolasi RSUD Yowari.

“Ini bukan untuk pasien yang positif, tapi untuk PDP bisa dirawat di sini dan bisa pulang,” ungkapnya.

Untuk pemanfaatanya sendiri akan dilakukan dalam waktu yang secepatnya. Untuk menggunakannya, emkab Jayapura perlu melengkapi peralatan medis dan kebutuhan lainnya.

“Secepatnya sudah bisa digunakan, kalau bisa hari ini kita lakukan,” tambahnya. (roy/tho)