Boaz Solossa ( FOTO: Erik / Cepos)

JAYAPURA-Tim kebanggan masyarakat Papua, Persipura Jayapura patut ekstra hati-hati saat menghadapi tuan rumah Borneo FC pada lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 2020, di Stadion Segeri Samarinda, Sabtu (7/3) sore ini pukul 17:30 WIT (Live Streaming).

Pasalnya, Borneo FC berambisi mengamankan tiga poin di depan pendukungnya sendiri, untuk menggantikan tiga poin yang hilang saat menelan kekalahan 3-2 dari Persija Jakarta di laga perdana. 

Dari 3 pertemuan terakhir, Borneo FC masih perkasa atas tim Mutiara Hitam julukan Persipura. Borneo FC sukses meraih 1 kemenangan dan 2 laga lainnya berakhir dengan hasil imbang. 

“Kita tahu bukan perkara mudah mendapat angka di sini. Tapi semoga usaha kerja keras dari kami semua dan berkat dukungan doa masyarakat Papua kita bisa sukses di Stadion Segiri ini,” ungkap Jacksen F. Tiago dalam konferensi persnya di ruang media Stadion Segiri Samarinda, Jumat (6/3) siang kemarin.

Menurut pelatih berpaspor Brasil itu, timnya patut mengawal ketat seluruh pemain Borneo FC. Sebab ia menilai pemain yang menjadi starter serta pemain yang berada di bangku cadangan memiliki kualitas sama. 

“Saya sebenarnya tidak suka mengarahkan perhatian hanya kepada satu pemain. Dalam setiap pertandingan, saya selalu katakan bahwa fokus kita kepada seluruh pemain Borneo,” tegasnya. 

“Karena dalam sepak bola sebenarnya, pemain yang dari bangku cadangan pun bisa membuat perbedaan dalam pertandingan. Seperti saat Borneo melawan Persija, Therens Puhiri yang dari bangku cadangan bisa melakukan sebuah perubahan dalam pertandingan tersebut,” sambungnya. 

Meski begitu, pelatih berusia 51 tahun itu tetap yakin timnya mampu mendulang tiga poin dalam laga tersebut, meski ia mengaku bukan pekerjaan mudah. 

“Kita tegaskan, tujuan kita datang ke sini meski pun kita tahu bukan perkara mudah, dan semoga kita bisa sukses di stadion ini,” tegasnya. 

Pelatih yang sudah memberikan tiga gelar juara Liga Indonesia itu juga mengaku jika timnya juga telah mengantongi kekuatan calon lawannya itu. 

“Saya berkaca pada pertandingan mereka kemarin. Mereka kebobolan tiga kali menunjukkan bahwa ada celah di sektor pertahanan. Tapi mereka bisa cetak dua gol menunjukkan lini depan mereka cukup tajam. Selebihnya tinggal kita sebagai tim pelatih tinggal mengolah informasi kekuatan lawan untuk menyusun strategi kita untuk pertandingan,” ujarnya

“Saya sebagai tim pelatih dan tim analisis telah memetakan buah lawan secara komplit. Semua lini depan, tengah dan belakang kita harus waspadai. Kami sudah siap, kami tidak ada kendala apapun, kita dalam kondisi yang baik dan kita siap menjalankan tugas untuk pertandingan besok (red,sabtu)” tambahnya. 

Jacksen menambahkan bahwa dalam laga tersebut, dirinya belum bisa menurunkan dua pemainnya yaitu Marinus Wanewar dan Fridolin Yoku yang masih dibekap cedera. 

Sementara itu, pemain gelandang bertahan Persipura, Muhammad Tahir menegaskan, dirinya bersama rekan-rekannya siap meraih kemenangan kedua mereka musim ini. 

“Kami secara tim siap memenangkan pertandingan dan mengamankan tiga poin dalam pertandingan,” tandasnya. (eri/nat)