SENTANI-Program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE,M.Si  dalam rangka mengantisipasi kekurangan pangan di tengah pandemi Covid-19, hasilnya sudah mulai dirasakan  oleh masyarakat. Seperti yang terjadi di beberapa kampung yang ada di Distrik Sentani Timur.

Kepala Distrik Sentani Timur,  Stefen Wally saat ini masyarakat lokal yang tersebar di beberapa kampung di wilayah itu sudah mulai memanen hasil kebun mereka berupa sayur-sayuran.

“Untuk ketahanan pangan di kampung-kampung yang ada di Distrik Sentani Timur sangat luar biasa, mereka semangat sekali untuk menggarap lahan pertanian, hasilnya sudah mulai dipanen, seperti sayur-sayuran,” kata  Stefen Wally kepada wartawan di Sentani, Senin (4/8).

Steven mengatakan, semangat berkebun bagi masyarakat di kampung-kampung yang ada di wilayah Distrik Sentani Timur cukup tinggi. Hal itu bisa dilihat dari berbagai jenis tanaman lokal yang mereka Tanami selama ini.

“Selain sayur-sayuran ada juga kacang-kacangan umbi-umbian dan buah-buahan,” ungkapnya.

Untuk itu, sebagai pemerintah di tingkat distrik, dirinya berharap agar Pemerintah Kabupaten Jayapura dapat memberikan kebijakan untuk menentukan harga pasar dan juga pendistribusian dan pemasaran hasil kebun masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini sehingga apa yang mereka kerjakan selama ini dapat memberikan manfaat bagi mereka khususnya di bidang pemberdayaan ekonomi. (roy/tho)