Puluhan  tanki penyemprotan  yang disiapkan  untuk  digunakan  relawan  Covid-19  menyemprot menggunakan disinfektan dalam  memerangi  penyebaran Virus Corona   di Merauke, Sabtu (28/3). ( FOTO: Sulo/Cepos) 

MERAUKE-Sebagai upaya  untuk mencegah  penyebaran Corona Virus  atau Covid-19, Pemerintah Kabupaten Merauke  melalui   Tim Gugus  Penanganan  Covid-19 melakukan   penyemprotan  disinfektan   ke   tempat-tempat  umum    maupun sarana pendidikan, sarana kesehatan   maupun  rumah-rumah ibadah serta  pemukiman padat penduduk. 

   Penyemprotan  disinfektan ini  dilakukan  oleh  ratusan  relawan  yang dibagi dalam 4 tim  besar. Ketua  Gugus  Penanganan  Covid-19  Kabupaten Merauke   Drs Daniel Pauta sangat mengapresiasi   warga  Merauke  tersebut  yang mau terlibat   menjadi  tim relawan. “Seperti   inilah yang  kita harapkan  dimana semua pihak  terlibat  aktif dan mau menjadi relawan   untuk kita sama-sama dalam memerangi  penyebaran  virus Corana   ini,’’ kata Daniel Pauta   ditemui media  ini di  Sekretariat  Tim Gugus Penanganan Covid-19,  Kantor Bupati Merauke, Sabtu 28/3).  

   Daniel Pauta  menjelaskan, dari awal penanganan  Covid-19  ini pihaknya   sudah meminta  jika ada  yang mau  bekerja secara sukarela dan ikhlas membantu pemerintah. ‘’Karena kita bekerja ini  untuk orang banyak,’’ katanya. 

  Pauta menjelaskan, untuk hari Sabtu  (28/3) tersebut ada tambahan  12 relawan dari  Nasdem yang bergabung  ke Tim Penanganan Covid dengan membawa  2 mobil   lengkap dengan peralatan  penyemprotan.  ‘’Saya katakan mari bergabung   ke dalam 4 tim  relawan. Dipersilakan. Relawan lain  boleh bergabung dan kalau  boleh kita terpadu disini. Kita    tidak mengambil  kegiatan sendiri-sendiri  lalu mempublis  masing-masing. Kalau cara-cara seperti itu, mungkin ada sesuatu yang diinginkan, saya tidak tahu. Tapi, kalau mau bekerja  secara tulus dan ikhlas, kami disini tidak pernah sampaikan  kami sudah kerja ini dan itu. Kecuali  dari para  wartawan menanyakan kepada kami,’’ terangnya.   

   Pauta menambahkan bahwa  untuk  penyemprotan  di hari Sabtu  tersebut dilakukan di 51 titik yang  ada di sekitar  kota dan pinggiran kota Merauke.    Tim  yang terlibat  sebagai relawan tersebut    dari TNI, Polri, Brimob, pramuka, jajaran    lingkungan    Pemkab Merauke, Orari,   SAR dan berbagai   organisasi  lainnya. (ulo/tri)