Antusias warga yang antre untuk mendapatkan Vaksinasi Covid -19 di depan Gedung Ukumiarek Asso Wamena, Rabu (7/4). ( FOTO: Denny/ Cepos)

Dinkes Yakini Target 1000 Orang Tercapai

WAMENA – Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya memastikan target 1000 orang untuk mendapatkan vaksinasi Covid -19 untuk hari pertama pelaksanaan vaksinasi massal bakal terpenuhi, sebab antusias masyarakat dalam kota Wamena yang mendaftarkan dirinya cukup banyak sehingga diyakini mampu menembus target itu.

  Kepala Dinas Kesehatan Dr. Willy Mambieuw, SpB mengakui jika meskipun dalam pelaksanaan vaksinasi massal ini ada gangguan internet pada aplikasi sistem P-Care  guna meng-up date data warga yang mendaftar untuk vaksinasi ke sistem BPJS, namun itu tidak menghalangi niat warga untuk mendapatkan vaksin tersebut.

  “Selama ini mungkin warga sudah menunggu lama untuk mendapatkan vaksin ini, sehingga sewaktu diumumkan dilakukan secara masal, warga memanfaatkan momentum ini untuk mendapatkan vaksinasi Covid -19 dari pemuda, paruh baya , hingga manula,”ungkapnya Rabu (7/4) kemarin.

   Ia menyatakan sampai dengan siang hari jumlah warga yang mendaftar sudah mencapai angka 700 lebih.“Kita tadi mengalami kendala di jaringan internet sehingga kita tidak bisa daftarkan secara online, tetapi kita daftarkan warga dengan cara manual tetapi nantinya kita akan upload ke dalam aplikasi,”bebernya.

  Kata Dokter Willy untuk hari berikutnya masih tetap sama pola penanganannya untuk vaksinasi itu dimana sebelum mendapatkan vaksin, warga diminta untuk mendaftar, kemudian akan melalui Screening, divaksin dan harus diobservasi selama 30 menit menunggu reaksi dari vaksinasi ini,

  “Tidak ada keluhan dari warga yang telah mendapatkan vaksinasi ini selama dilakukan observasi 30 menit, semua berjalan dengan baik dan tanpa ada gangguan atau reaksi lain yang terdampak dari warga yang divaksin,”katanya.

  Ia menambahkan untuk waktu yang diberikan vaksinasi kedua atau Booster itu ada warga yang diberikan 14 hari dan ada warga juga yang diberikan waktu 28 hari, disini masyarakat jangan salah mengerti karena untuk pemberian waktu 28 hari untuk mendapatkan vaksinasi kedua hanya untuk para manula saja.

  Menurut dr Willy, untuk manula itu diberikan waktu untuk istirahat itu ditambah seminggu  sehingga 28 hari baru bisa mendapatkan vaksinasi kedua, sementara yang usia 18 sampai 50an tahun tetap 14 hari kembali lagi untuk mendapatkan Boosternya.(jo/tri)