Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid (foto: Humas kemenag)

JAYAPURA- Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid akan melakukan kunjungan kerja ke Tanah Papua Sabtu (7/11) hingga Senin mendatang. Kunjungan Wamenag ini melakukan Launching Program Percontohan Daerah Binaan Tahun 2020 di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Hadir bersama Wamenag Direktur Pemberdayaan Zakat Wakaf Direktorat Jenderal Bimas Islam Tarmizi Tohor dan jajaran pejabat Direktorat Pemberdayaan Zakat Wakaf.
Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dalam beberapa kesempatan menjelaskan bahwa Program Percontohan Daerah Binaan adalah pengejawantahan kehadiran negara terhadap permasalahan Bidang Agama oleh Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam sebagai sebuah inovasi.
Program Percontohan Daerah Binaan yang sudah dilakukan sejak Tahun 2018 merupakan Kolaborasi Direktorat yaitu Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Direktorat Penerangan Agama Islam, Direktorat Zakat dan Wakaf, Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah serta Kesekretariatan.
Program Percontohan dihelat di beberapa Provinsi sejak tahun 2018, dimulai dari Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat. Pada tahun 2020 program diselenggarakan di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur dan Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Provinsi Papua.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Pdt. Amsal Yowei, mengatakan bahwa hadirnya program Kementerian Agama di Provinsi Papua akan sangat membantu program pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat. Oleh karena itu ia berharap adanya kerjasama dan sinergitas program.
Bantuan yang diserahkan pada kesempatan launching adalah bantuan rehabilitasi rumah ibadah bagi 3 masjid, senilai Rp 100 juta rupiah, bantuan 5 ormas dan majelis taklim senilai Rp 25 juta rupiah, sembako 330 paket bagi masyarakat Distri Muara Tami, 330 paket perlengkapan Salat untuk masjid, paket APD COVID-19 sejumlah 250 paket untuk masyarakat Distrik Muara Tami. (humas)