*Juga Serahkan Bantuan Tunai PKL dan Warung kepada Masyarakat

JAYAPURA-Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komisaris Jenderal Polisi Dr. Gatot Eddy Pramono, M. Si didampingi sejumlah Pejabat Utama Mabes Polri dan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K meninjau kesiapan venue PON XX Papua dan pelaksanaan Vaksinasi di Gerai Presisi Gedung Tongkonan Kota Jayapura, Selasa (21/9).

Turut hadir dalam kegiatan  Irwasum Polri Komjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si, Kabareskrim Polri Komjen Pol Drs. Agus Adrianto, S.H., M.H, Asops Kapolri Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si, Aslog Kapolri Irjen Pol Drs. Firman Shantyabudi, M.Si, Dankor Brimob Polri Irjen Drs. Anang Revando, Karo Penmas DIV Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dan Pejabat Utama Polda Papua.

Wakapolri bersama rombongan meninjau venue Stadion Mandala di Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura dilanjutkan dengan meninjau venue dayung di Teluk Youtefa,  Distrik Abepura. Setelah itu, Wakapolri Gatot Pramono meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gerai Presisi Gedung Tongkonan, Kotaraja, Distrik Abepura.

Di Tongkonan, Wakapolri didampingi Pejabat Utama Mabes Polri dan Kapolda Papua menyerahkan bantuan Tunai PKL dan Warung dari Polri kepada masyarakat yang melakukan vaksin secara sombolis. 

Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Dr. Gatot Eddy Pramono, M. Si mengatakan, tujuan dirinya dan rombongan ke papua dalam rangka mengecek kesiapan PON XX Papua dan Peparnas XVI tahun 2021 termasuk dalam hal vaksinasi. 

“Kami mengimbau masyarakat untuk ikut menyukseskan PON XX Papua salah satunya adalah giat vaksinasi. Selain melakukan vaksinasi juga melakukan penyaluran Bantuan Tunai PKL dan Warung kepada masyarakat,” terangnya.

Dijelaskan, dari laporan Kapolda Papua bahwa vaksinasi di 4 klaster r PON XX dan 1 kabupaten penyangga saat ini sudah memasuki 60% dan semoga nanti pas pelaksanaan PON XX Papua bisa mencapai 70%. “Kami minta bantuan kepada media untuk membantu dalam hal memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat banyak yang mau divaksin,” pintanya.

Sementara itu, Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK., M.Pd mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi presisi, pihaknya telah menyiapkan beberapa hadiah di antaranya 300 SIM dan juga 500 paket sembako. 

“Ketika masyarakat terus berdatangan akan tetap kami layani dan juga kita akan menambah bingkisan berupa sembako maupun telur satu rak. Jadi setiap masyarakat yang datang vaksin akan pulang dengan membawa bingkisan. Harapan kita dengan vaksinasi ini target dapat tercapai yaitu 800 hingga 1.000 orang yang divaksin,” kata Kapolresta.

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kota Jayapura, Nobertus Banga mengatakan, pelaksanaan vaksin saat ini merupakan salah satu bentuk perhatian kepada masyarakat Kota Jayapura untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 yang sedang merebak di tanah Papua.

“Kami bersyukur bahwa kami masyarakat toraja dapat menjadi bagian dari pelaksanaan vaksinasi ini yang dibantu oleh pihak Kepolisian,” ungkapnya.

Sebelumnya pada Senin (20/9) Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Dr. Gatot Eddy Pramono, M. Si bersama rombongan tiba di Jayapura, kemudian melanjutkan  memimpin kegiatan Tactical Floor Game (TFG) Operasi Deraku Cartenz 2021 dalam rangka pengamanan PON XX tahun 2021 oleh Polda Papua bertempat di Ballroom Atuma Kuri Hotel Suni Garden Lake Sentani Distrik Sentani Kabupaten Jayapura. 

Selesai memimpin kegiatan TFG, Wakapolri beserta rombongan melakukan peninjauan Stadion Lukas Enembe dan Veneu Aquatic. Setelah mengunjungi Kota Jayapura, Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si bersama rombongan menuju ke Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika untuk meninjau Venue PON XX Papua dan Gerai Vaksin Presisi. (fia/nat)