JAYAPURA – Wakapolda Papua Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto didampingi Asisten II Pemda Kabupaten Paniai, Kepala Dinas Perikanan, Wakapolres Paniai serta PJU Polres Paniai mengunjungi spot perkebunan, perikanan dan peternakan binaan Binmas Noken Polres Paniai di Kampung Amogebutu Distrik Paniai Timur Kabupaten Paniai, Jumat (18/6).

 Wakapolda Papua mengatakan, dirinya bersama dengan Asisten II Pemda Kabupaten Paniai serta Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Paniai terjun langsung ke lapangan untuk melihat lahan perkebunan serta lahan perikanan dan juga tempat peternakan babi. 

 Tidak hanya meninjau lahan perkebunan, lahan perikanan serta peternakan babi saja,  Wakapolda Papua bersama rombongan juga turut melakukan penanaman bibit sayur, bibit kopi, bibit buah merah serta melepaskan sejumlah bibit ikan air tawar ke dalam kolam ikan dan memberikan pakan ikan kepada pemilik kolam ikan air tawar di lahan perkebunan yang telah disiapkan oleh Binmas Noken Polres Paniaidi Kampung Amogebutu Distrik Paniai Timur Kabupaten Paniai. 

 Dalam kunjungan tersebut Wakapolda Papua juga meninjau langsung tempat peternakan babi yang telah ia dirikan sejak tahun 2018 lalu pada saat masih menjabat sebagai Kasatgas Binmas Noken, yang mana pada saat itu Wakapolda Papua memberikan dan 10 ekor anak babi kepada Yulius Gobai untuk dikembangbiakkan.

  Sementara itu, Yulius Gobai mengatakan, dari yang awalnya hanya 10 ekor ternak babi yang diberikan oleh Wakapolda Papua pada tahun 2017, kini telah berkembang menjadi 40 ekor ternak babi.

 “Sebagian ternak babi yang telah berkembang besar telah kami jual untuk membantu kebutuhan ekomi serta membeli pakan ternak. Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Wakapolda dan jajaran atas bantuannya melalui program Binmas Noken ini,” ucapnya.

 Wakapolda Papua juga kembali menyerahkan bibit ternak babi sebanyak 39 ekor yang telah diberikan oleh Bupati Kabupaten Paniai kepada kepala suku yang berada di wilayah Kabupaten Paniai.

 Sebelum mengunjungi Spot perkebunan serta spot perikanan dan spot peternakan, Wakapolda Papua menyempatkan diri untuk mengunjungi Sekolah Dasar Yegeka Enarotali dan memberikan semangat serta dukungan kepada siswa-siswi di SD Yegeka Enarotali. Juga memberikan bantuan berupa buku tulis dan buku bacaan kepada pihak sekolah Dasar Yegeka yang diterima langsung oleh Ketua Komite SD Yegeka Bapak Sem Pigai. (fia/ary)