Wakapolda Papua Brigjen Pol. Mathius D. Fakhiri melakukan pengecekan Pos Pengamanan Operasi Lilin Matoa 2020 di Kota Jayapura, Kamis (24/12)( foto: Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Hari keenam pelaksanaan Operasi Lilin Matoa 2020, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal pastikan situasi Kamtibmas di Papua sampai saat ini aman dan kondusif. Hal ini berkat kerjasama semua pihak yang memiliki tanggungjawab dalam menjaga situasi Kamtibmas di lingkungannya masing masing.

 “Pelaksanaan patroli terus kami tingkatkan di tempat-tempat keramaian seperti tempat wisata atau rekreasi. Kami terus mensosialisasikan maklumat Kapolri sehingga kita semua terhindar dari virus corona,” ucap Kamal, Minggu (27/12) kemarin. 

 Lanjut Kamal, selain itu pihaknya melakukan imbauan di pusat perbelanjaan seperti mall dan pasar yang sudah mulai buka kembali pasca perayaan Natal. Untuk tim satgas pangan, akan terus memantau bahan pokok warga sehingga tidak ada kekurangan bahan kebutuhan warga selama perayaan natal dan tahun baru ini.

 Kamal menerangkan, pelaksanaan Operasi Lilin Matoa 2020 Polda Papua dan Jajaran yang dilaksanakan selama 15 hari dari tanggal 21 Desember 2020 hingga tanggal 4 Januari 2021.

 Untuk data pelaksanaan Operasi Lilin Matoa 2020 hari keenam yakni, jumlah pelanggaran yang ditilang di tahun 2020 yaitu 0 jika dibandingkan dengan pelaksanaan Operasi Lilin Matoa tahun 2019 sebanyak 1 pelanggar.

 Sedangkan teguran yang diberikan sebanyak 158 pelanggar ditahun 2020 jika dibandingkan tahun 2019 sebanyak 144 pelanggar. Untuk data kasus kecelakaan ditahun 2020 sebanyak 0 kasus kecelakaan jika dibanding tahun 2019 sebanyak 1 kasus kecelakaan sehingga terjadi penurunan sebanyak  100 persen.

 “Untuk korban meninggal dunia ditahun 2020 dan 2019 tidak ada, sehingga tidak terjadi peningkatan atau penurunan. Untuk Korban luka berat tahun 2020 sebanyak 0 korban, sedangkan ditahun 2019 sebanyak 1 orang,” ungkap Kamal.

Sebelumnya pada Kamis (24/12) Wakapolda Papua Brigjen Pol. Mathius D. Fakhiri didampingi Pejabat Utama Polda Papua dan Tim Supervisi Ops Lilin Matoa 2020 Mabes Polri mengunjungi Pos Pengamanan Operasi Lilin Matoa 2020.

 Operasi Lilin Matoa 2020 dilaksanakan dalam bentuk Operasi Kepolisian Terpusat dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 dengan bersifat terbuka dalam jenis operasi pemeliharaan keamanan yang mengedepankan kegiatan pencegahan. Dengan didukung deteksi dan penegakan hukum serta dilaksanakan dengan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Wakapolda menyampaikan, kunjungannya ke Pos pengamanan yang ada di Kota Jayapura untuk memastikan kesiap-siagaan personil yang terlibat dalam Operasi Lilin Matoa 2020 dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Baik itu aktifitas arus lalu lintas, pelaksanaan ibadah dan aktifitas masyarakat yang sedang berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan maupun masyarakat yang sedang melaksanakan Liburan di tempat wisata, serta mengedukasi masyarakat untuk tetap mentaati Protokol kesehatan Covid-19.

 “Pada prinsipnya mengingatkan kepada personil untuk selalu berkerja dengan baik dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, dengan mengedepankan sikap-sikap yang humanis sehingga terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Tanah Papua,” ucap Wakapolda.

 Untuk pengamanan Ibadah malam kudus personil ditempatkan di beberapa gereja yang ada di seluruh Papua, guna kelancaran ibadah tersebut. Selain itu, pengamanan dilakukan untuk memastikan saat pelaksanaan ibadah sesuai dengan Protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Untuk di Kota Jayapura sendiri, akan ditempatkan oleh personil Polresta Jayapura Kota dan diback up oleh personil Polda Papua. (fia/wen)