Skuat Muaythai PON Papua ( FOTO: Donny For Cepos)

PON 2020 Papua

JAYAPURA – Pelatih kepala cabang olaharaga Muaythai PON Papua, Donny Ayorbaba mengatakan, bahwa wabah virus corona ikut mengganggu program periodesasi latihan mereka. Harusnya saat awal bulan April, Muaythai Papua harusnya ke Thailand untuk mengikuti pemusatan latihan sekaligus sebagai try out.

Mengingat, Thailand memang merupakan negara asal cabang olahraga Muaythai itu sendiri. Apalagi kata Donny, di Thailand mereka juga memiliki banyak pilihan sebagai laga uji coba.

“Memang di dalam periodesasi kita, harusnya try out  bulan Maret, dan jadwal kita ke Thailand April sekaligus pindah TC, akan tetapi melihat perkembangan saat ini dengan hadirnya Virus Corona ini menyebabkan kita dari Cabor Muthay saat ini TC di batu harus menunda ke Thailand sehingga kita masih di Batu,” ungkap Donny kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Kantor KONI Papua, Rabu (11/3) sore kemarin.

“Kalau kita di Thailand pilihannya sangat banyak, namun karena virus corona ini resikonya sangat besar, sehingga kita tunggu dulu perkembangan, kalau pun tidak bisa keluar, kita tetap punya pilihan lain yang kita ambil tanpa mengurangi performa atlet,” sambung pelatih pelatih Muaythai nasional itu.

Jika batal menjajal atlet asal Thailand, tentu menjadi tugas yang cukup berat bagi Donny untuk mencari lawan tanding bagi atletnya, sebab ia mengaku saat ini mereka sedikit kesulitan untuk menemukan calon lawan tanding di Indonesia.

“Jujur saja, Muaythai ini di Indonesia kita kesulitan untuk mencari lawan tanding, even yang di adakan oleh PB saja pada bulan April sepertinya sulit terlaksana karena ada keraguan dari PB sendiri untuk melaksanakan karena virus corona ini,” ujarnya.

Pilihan lain yang dimiliki oleh Muaythai Papua jika batal ke Thailand, dengan mengikuti beberapa event internal Jawa Timur mau pun Jawa Barat.

 “Ada beberapa even yang akan kita gagas, atau mungkin kita uji coba dengan salah satu kota atau kabupaten dari jawa Timur, namun itu hanya sebagai eksebisi, karena Jawa Timur akan menggelar Kejurprov dan itu merupakan internal mereka sehingga kita hanya eksebisi. tapi tidak menutup kemungkinan, kita juga akan lakukan ujicoba dengan tim PON Muaythai Jawa Timur atau Jawa Tengah,” tandasnya. (eri/gin)