Plt. Kadisorda Papua, Alexander Kapisa

JAYAPURA-Jumat (23/10) lalu, Gubernur Papua, Lukas Enembe didampingi wakilnya, Klemen Tinal meresmikan sembilan venue yang telah selesai melalui APBD Provinsi Papua.

Selain Stadion Lukas Enembe, venue yang ikut diresmikan di antaranya venue baseball/softball yang berada di Sentani, menembak indoor/outdoor, tenis, Voli, GOR GIDI serta GOR Futsal Mimika.

Plt. Kadisorda Papua, Alexander Kapisa mengatakan, bahwa venue yang diresmikan oleh Gubernur Papua ialah venue APBD yang dibangun baru. Alex mengatakan, untuk venue yang bersifat renovasi pun telah rampung.

Menurut Alex, venue dari APBD Provinsi Papua saat ini hanya menyisahkan venue rugby yang akan dibangun melalui APBD induk 2021 mendatang. Serta empat venue sementara yang akan diakomodir oleh Dinas PU Papua.

Selain venue dari APBD Provinsi Papua, beberapa venue dari APBN juga telah rampung 100 persen. Seperti venue hockey indoor/outdoor, cricket, Istora dan aquatic. Sementara venue panahan, sepatu roda dan arena dayung saat ini terus dipacu dan akan rampung pada bulan April 2021 sesuai kontrak kerja.

“Kami (Papua) mau tunjukan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia bahwa Papua sudah siap melaksanakan PON,” ungkap Alex kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (24/10).

Senada dengan itu, Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda juga menegaskan, setelah rangkain ceremony peresmian yang dilakukan oleh Gubernur Papua menunjukan bahwa Papua kini siap menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di tanah air itu.

“Selama ini ini kita selalu meragukan soal pembangunan venue. Tapi hari ini hampir seluruh venue sudah selesai, hingga dipastikan kami sudah siap menyelenggarakan PON,” ujar Yunus Wonda.

Oleh karena itu, Yunus Wonda berharap seluruh lapisan masyarakat Papua mendukung hajatan empat tahunan tersebut.

“Mari seluruh rakyat Papua, dimana pemerintah pusat memberikan kepercayaan, dan ini moment untuk membuktikan bahwa Papua bisa melakukan event besar,” tutupnya. (eri/nat)