Rata-rata Gunakan Vaksin Sinovac

JAYAPURA-Vaksinasi tahap 3 untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Provinsi Papua sementara berjalan. 

 Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aaron Rumainum, M.Kes., menyebutkan untuk vaksinasi tahap 3 ini, rata-rata sebagian besar petugas kesehatan telah melakukan penyuntikan tahap ke-3 dengan Sinovac.

“Banyak tenaga kesehatan yang sudah melakukan vaksinasi dengan Sinovac, tanpa harus menunggu Moderna, akan tetapi berdasarkan aplikasi data tersebut tercatat Moderna. Bahkan saya sendiri juga sudah vaksin tahap 3 menggunakan Sinovac pada Maret lalu,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (31/8) kemarin.

Diakuinya, vaksin moderna juga disiapkan untuk masyarakat umum. Menurut dr. Aaron Rumainum, masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi baik untuk dosis 1 dan dosis 2 menggunakan vaksin moderna bisa menghubungi Dinas Kesehatan.

“Tetapi kami hanya melayani masyarakat yang sudah siap menerima efek samping dari vaksin moderna saja. Karena kami tidak mau ketika masyarakat tidak siap dan divaksin menggunakan moderna dan ada efek samping, pastinya vaksin yang akan dipermasalahkan,” tambahnya.

Terkait dengan stok, dr. Aaron Rumainum mengakui stok vaksin moderna cukup banyak. Meski masih didominasi saat ini dengan Sinovac, tetapi stok Moderna bisa dikatakan cukup untuk memenuhi permintaan baik Nakes maupun masyarakat yang ingin menggunakan moderna.

Untuk diketahui, sebelumnya dosis Moderna yang sudah didatangkan ke Papua sebanyak sebanyak  1.140 vial atau sebanyak 17.100 suntikan dan pastinya terus ada penambahan untuk Papua. (ana/nat)