WAMENA-Setelah pemerintah daerah memutuskan kembali membuka Bandara, pasca ditutup 3 bulan selama pandemic Covid-19, kini usaha perhotelan di Jayawijaya mulai bergeliat. Sejumlah karyawan hotel yang sempat dirumahkan bebearpa waktu lalu, kini mulai dipanggil untuk kembali masuk bekerja. 

Hotel Baliem Pilamo Wamena yang mulai kembali memanggil karyawannya untuk kembali bekerja. ( FOTO: Denny/ Cepos )

  Pengelola Hotel Baliem Pilamo Yulinda Candra Korwa   mengatakan sekitar 10 dari 50-an pekerja dirumahkan yang belum kembali bekerja. Manajemen hotel, mulai memanggil kembali sejumlah karyawan yang sempat dirumahkan pasca mewabahnya corona.

   “Mungkin penerbangan sudah buka, tetapi yang masuk kan mungkin belum ada turis, jadi sebagian (karyawan) saja yang kami panggil kembali, tetapi ada beberapa yang belum,” ungkapnya jumat (25/6) kemarin

   Ia memastikan bisnis perhotelan yang juga terpuruk karena wabah corona, belum kembali normal. Meskipun belum 100 persen pulih, namun kini mulai ada dampak baik usai Bandara Wamena beroperasi kembali, sebelumnya kebijakan merumahkan karyawan karena memang omset perhotelan langsung anjlok saat mewabahnya covid -19.

  “Kita lihat perekonomian, misalnya jual makanan, toko sembako masih jalan, tetapi kalau bidang pariwisata seperti kami belum normal,” jelas Yulinda yang mengaku saat ini focus membuka untuk kegiatan pemerintah dan instansi dengan penerapan protokol kesehatan. (jo/tri)