Sejumlah pejabat utama Polda Papua saat melakukan rapid test antigen di Mapolda Papua, Selasa (5/1). Dinkes Kota Jayapura dan Polda Papua, siap melakukan vaksinasi Covid-19. ( FOTO: Elfira/Cepos)

JAYAPURA-Terkait dengan rencana vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan (Nakes), Kota Jayapura membutuhkan vaksin Covid-19 kurang lebih 3.000 vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr Ni Nyoman Sri Antari menyebutkan, khusus untuk Nakes di lingkungan Pemkot Jayapura yang bertugas di Dinas Kesehatan dan Puskesmas jumlahnya sebanyak 600 orang.

Namun apabila vaksinasi kepada nakes di 8 rumah sakit yang ada di Kota Jayapura dilakukan melalui Dinkes Kota Jayapura, maka Kota Jayapura membutuhkan vaksin sebanya kurang lebih 3.000.

“Tahap pertama yaitu vaksinasi untuk tenaga medis, untuk Nakes di Puskesmas dan Dinkes Kota Jayapura jumlahnya 600 orang. Tetapi kalau dengan Nakes di 8 rumah sakit di Kota Jayapura, maka vaksin yang dibutuhkan 3.000-an,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos di kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (5/1).

Diakuinya, data untuk pemberian vaksin dari pusat masih berubah-berubah. Menurut dr. Sri Antari, apabila seluruh penduduk di Kota Jayapura sebanyak 422.165 jiwa diberikan vaksin Covid-19, maka dibutuhkan waktu sekira 3-4 bulan.

Untuk vaksinasi bagi Nakes di Kota Jayapura, Dinas Kesehatan Kota Jayapura menurut dr. Sri Antari,  sudah siap. Dinkes Kota Jayapura menurutnya telah menyiapkan tenaga medis untuk melakukan vaksinasi. “Tenaga medis sudah kami siapkan dan mereka sudah diberikan pelatihan,” tambahnya.

Sri Antari berharap, dengan adanya vaksinasi ini bisa memberikan kekebalan tubuh terhadap virus Corona.

Diakuinya vaksin Covid-19 juga sudah dilakukan uji coba dengan baik, yang mana trailernya selesai bulan Desember 2020. Untuk itu, dr. Sri Antari meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Apalagi, pasca vaksinasi, tetap dilakukan pemantauan dan pengawasan dari tim medis yang sudah ditugaskan.

Sementara itu, Kabiddokes Polda Papua Kombes Pol dr Nariyana mengatakan, sekira 200 orang Nakes di Polda Papua yang bakal divaksin Covid-19.

Jumlah tersebut terdiri dari 120 Nakes di RS Bhayangkara dan Dokes Polda Papua serta beberapa lainnya dari 10 Polres yang ada di jajaran Polda Papua.

Untuk vaksinasi Nakes di lingkungan Polda Papua dan anggota Polri, pihaknya sudah menyiapkan kulkas untuk menyimpan vaksin khusus degan suhu 2 hingga 8 derajat Celsius yang berada di RS Bhayangkara.

“Untuk vaksinisasi kita menunggu arahan dari Menkes dan petunjukan teknisnya seperti apa. Rumah Sakit Bhayangkara sendiri sudah menyiapkan tenaga vaksinator,” ucap dr Nariyana kepada Cenderawasih Pos, Selasa (5/1).

Dikatakan, untuk vaksinator sebanyak 10 orang dan sudah dilakukan pelatihan jauh hari sebelumnya. “Yang dikedepankan untuk Vaksin yakni tenaga kesehatan yang ada di seluruh Papua setelah itu nanti TNI-Polri,” tambahnya. (dil/fia/nat)