MERAUKE-Setelah beberapa minggu lamanya berada dalam zona merah  karena ditemukannya kasus Covid-19,  maka terhitung  Senin (13/9), kemarin,  2 distrik di Merauke  yakni Distrik  Ulilin dan Distrik Okaba kembali  berada d zona  hijau. 

   “Kembali menjadi zona   hijau setelah seluruh pasien Covid di kedua distrik tersebut sembuh dan tidak ada kasus  baru lagi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr Nevile  R. Muskita,  Senin (13/9).

   Meski  tidak ada kasus Covid lagi, namun masyarakat di kedua  distrik  tersebut untuk tetap menerapkan protokol kesehatan  yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjauhi kerumuman. “Terutama  menggunakan masker  saat berada di tempat umum,” jelasnya. 

   Dengan  kembalinya  Okaba dan Ulilin dalam zona hijau,  maka  jumlah distrik di Merauke  masih berada dalam zona merah sebanyak 10  distrik, diantaranya Distrik Merauke, Semangga, Tanah Miring, Naukenjerai,  Sota, Jagebob, Kurik, Malind dan Kimaam.

    Sedangkan  yang zero Covid yakni  Distrik Waan, Tabonji, Tubang,  Ilwayab, Ngguti, Kaptel, Okaba,  Animha, Muting, dan Ulilin. Selain itu, kasus Covid yang dirawat maupun yang menjadi isolasi mandiri  juga mengalami penurunan yang signifikan. Jika pada Minggu   (12/9),  jumlah pasien Covid yang menjalani perawatan dan isolasi mandiri sebanyak 141 orang, maka Senin (13/9) kemarin  menurun menjadi 135 orang. Ini karena  ada 5 orang  yang dinyatakan sembuh sedangkan kasus baru bertambah  1 orang. 

    Meski begitu, di hari Senin (13/9) kemarin, tercatat  2 orang yang  meninggal dunia membuat  jumlah yang meninggal di Kabupaten Meauke karena Covid dari sebelumnya  tercatat 242 orang mnejadi 244 orang. Sementara dari segi cakupan vaksinasi Covid,  Nevile menjelaskan bahwa sampai saat ini  untuk tahap I  sebanyak 73.618 orang atau 58,96 persen  dari target, kemudian tahap II sebanyak 44.847 orang atau 35,92 persen. Sedangkan untuk dosis  ketiga khusus untuk Nakes sebanyak 243 orang atau 0,19 persen dari target.  (ulo/tri)