Gunansar Mandowen dan Todd Rivaldo Ferre ( FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA-Tiga pemain muda Persipura Jayapura, Gunansar Mandowen, Todd Rivaldo Ferre dan Kevien Rumakiek mendapatkan kesempatan mengikuti Training Center (TC) terpusat Timnas U-23 persiapan Sea Games Filipina pada November 2019.

Trio wonderkids Persipura mulai menjalani TC terpusat sejak 25 – 31 Agustus, di Sleman, Yogyakarta. Gunansar dan kawan-kawan kemungkinan absen saat Persipura menjamu tamunya Bali United 1 September di Stadion Mandala Jayapura.

“Mereka kemungkinan absen saat lawan Bali United. Kecuali jika memang mereka kembali pada 31 Agustus, tapi kita juga melihat kondisi terakhir mereka, jika memungkinan pasti akan diturunkan pelatih,” ungkap Sekretaris Umum Persipura Jayapura, Rocky Bebena kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di GOR Waringin, Senin (26/8) kemarin.

Meski begitu, mantan wartawan Cenderawasih Pos itu menuturkan, kepentingan negara merupakan kepentingan di atas segala-galanya.

Namun Rocky berharap, PT Liga Indonesia Baru sebagai operator liga untuk bisa membuat jadwal kompetisi Shopee Liga 1 2019 dengan mangacu pada jadwal FIFA dan AFC.

“Yang penting sekarang itu, PT LIB itu tidak hanya berpatokan pada keinginan sponsor atau keinginan TV sebagai hak siar, tapi disinkronkan dengan kalender FIFA dan Timnas sendiri, sehingga semua tim juga memberikan dukungan ke Timnas,” ujarnya.

“Sehingga tidak ada tim yang dirugikan, karena jika pemain ke Timnas, syukur jika pemain pulang dengan kondisi fit, kalau tidak fit kan yang dirugikan adalah klub. Selama agenda Timnas tidak terstruktur dengan kalender FIFA dan AFC bahkan kompotesisi, kita pasti dirugikan,”tegasnya. (eri/tho)