Kepala BPSDM Provinsi Papua, Aryoko Rumaropen bersama Branch Operation Manager Bank Mandiri Cabang Jayapura usai memproses pengiriman beasiswa mahasiswa Papua di Bank Mandiri, Kamis (6/2) kemarin. ( FOTO: BPSDM Papua For Cepos)

Termasuk Untuk Mahasiswa di Amerika dan Kanada

JAYAPURA- Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, Aryoko Rumaropen memastikan bahwa beasiswa Otonomi Khusus dan biaya hidup mahasiswa Papua, baik di dalam negeri maupun luar negeri, segera terbayarkan.

“Seluruh biaya hidup mahasiswa, baik dalam maupun luar negeri, untuk periode Januari hingga Maret 2020, serta pula biaya studi di beberapa universitas sementara diproses. mulai hari ini (kemarin, red) hingga besok (hari ini),” ujar Aryoko Rumaropen dalam rilis yang diterima Cenderawasih Pos, Kamis (6/2) kemarin.

Rumaropen menjelaskan, keterlambatan pembayaran biaya studi dan biaya hidup mahasiswa Papua dikarenakan tagihan dari pihak universitas kepada Pemerintah Provinsi Papua baru masuk pada Januari lalu.  Termasuk di antaranya universitas di Amerika dan Kanada. Selain itu, saat yang bersamaan, restrukturisasi birokasi di Pemprov Papua sedang dilakukan sehingga kewenangan pengelolaan beasiswa belum diserahterimakan.

Tidak heran, Gubernur dan Sekretaris Daerah Provinsi Papua segera memberikan instruksi untuk menyiapkan berbagai dokumen dan administrasi pembayaran biaya studi dan biaya hidup mahasiswa Papua setelah pelantikan pejabat dalam restruktrisasi organisasi rampung dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2020 lalu.

“Yang pasti, setelah pelantikan pejabat di lingkungan Provinsi Papua, kami langsung bekerja. Minggu ini, kami langsung memproses pembayarannya. Dimana mulai hari ini (kemarin) pembiyaannya diproses. Sedangkan, tagihan dari universitas yang telah dikirim ke Pemprov Papua sejak Desember akhir tahun lalu sudah dibayarkan terlebih dulu,” jelasnya.

Sementara itu, Branch Operation Manager Bank Mandiri Cabang Jayapura, Yayi K. Wardhani, mengonfirmasi proses pembayaran beasiswa mahasiswa Papua di dalam maupun luar negeri.
“Sudah diproses. Untuk beasiswa bagi mahasiswa dalam negeri, Kamis sore sudah bisa diterima, sedangkan untuk di luar negeri paling lambat Jumat besok (hari ini),” ungkapnya.

Wardhani mengatakan bahwa proses pengiriman beasiswa mahasiswa Papua melalui Bank Mandiri mendapat layanan dan perhatian khusus. Oleh karenanya, dapat dipastikan pengiriman beasiswa tepat waktu. (gr/nat)