Pemain Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre. ( FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA-Jacksen Tiago memang menjadi sosok penting bagi Persipura dalam dua pertandingan. Pelatih asal Brasil itu sukses mengangkat Persipura dari zona degradasi, dengan dua kemenangan, 1-0 atas tamunya Madura United dan 1-0 dari tuan rumah Bhayangakara FC.

Sosok Jacksen Tiago tidak hanya mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Namun ia juga mendapatkan apresiasi dari para anak asuhnya.

“Menurut saya, coach Jacksen sangat luar biasa, dia bisa merangkul kami dari luar lapangan dan kebersamaan itu yang kami bawa terus sampai ke lapangan,” ungkap talenta muda Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre kepada Cenderawasih Pos saat dihubung via telepon selulernya, Senin (22/7) kemarin.

Bahkan dikatakan pemain terbaik Liga 1 U-19 2017 itu, jika Jacksen memiliki nilai plus dari pelatih-pelatih lainnya.

“Dia sangat percaya sama kami pemain muda, itu yang jadi nilai plus bagi coach Jacksen,” ujarnya.

Sebelumnya, Pelatih Persipura Jacksen Tiago mengaku jika peran Todd Ferre juga sangat penting bagi timnya dalam meraih kemenangan, termasuk saat menumbangkan Madura United di Stadion Mandala Jayapura.

Jacksen menilai, peran pemain yang bersinar bersama Timnas Indonesia U-19 itu sangat memberikan peran penting bagi timnya dalam meraih kemenangan.

“Untuk pertandingan hari ini, saya pikir Todd Ferre sangat membantu tim kita untuk mendapatkan kemenangan,” ujarnya pelatih 51 tahun itu.

Meski begitu, Jacksen enggan menghujani pemain mudanya itu dengan pujian yang berlebihan. Dirinya mengaku masih akan mempelajari kekuatan tim lawan di laga berikutnya sebelum memutuskan kembali menurunkan Todd Ferre.

“Kita kembalikan lagi kepada kebutuhan tim, kita akan mempelajari lagi dari tim lawan yang akan kita hadapi nantinya, kira-kira pemain mana yang bisa berperan untuk menyulitkan lawan dan di situ kita akan buat perencanaan,” ucapnya.

Sekadar diketahui, di bawah asuhan Jacksen, Todd Ferre menjadi salah satu pemain muda yang mendapatkan jam bermain cukup lama. Dua pertandingan, Todd selalu bermain selama 90 menit. (eri/tho)