BERI SURPRISE: Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw saat memberikan surprise kepada Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab di HUT ke-75 TNI di Makodam XVII/Cenderawasih, Senin (5/10). ( FOTO: Elfira/Cepos)

Kapolda Papua Berikan Surprise di HUT TNI ke-75

JAYAPURA-Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab bersama pejabat Forkopimda Provinsi Papua, Kapolda Papua dan undangan lainnya mengikuti upacara HUT ke-75 TNI secara virtual dari Istana Negara dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo di  Ruang Bina Yudha Makodam XVII/Cenderawasih, Senin (5/10).

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo mengatakan, ulang tahun TNI bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI. Tetapi juga oleh segenap rakyat Indonesia.

Perjalanan panjang TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara. Menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“Dalam sejarah panjang TNI, kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui Operasi Militer untuk Perang atau OMP. Tetapi juga melalui Operasi Militer Selain Perang atau OMSP,” kata Presiden saat upacara secara virtual tersebut.

Melalui OMSP, TNI dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini. Transformasi organisasi TNI harus terus dilakukan sesuai dengan dinamika lingkungan strategis, dinamika ancaman dan perkembangan teknologi militer.

Dikatakan, lima tahun terakhir. TNI telah banyak melakukan transformasi organisasi secara signifikan dengan melakukan pembentukan satuan-satuan organisasi baru, seperti Divisi 3 Kostrad, Komando Operasi 3 Angkatan Udara, Armada 3 Angkatan Laut, Pasukan Marinir 3, 3 Komando Gabungan Wilayah Pertahanan, dan skuadron drone Angkatan Udara serta Satuan Siber TNI.

“Pembentukan satuan-satuan organisasi baru merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk terus melakukan transformasi organisasi TNI, agar TNI semakin kokoh dalam menjalankan perannya,” kata Presiden.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengucapkan terima kasih kepada TNI yang selama ini sudah bekerja luar biasa berdampingan  dengan Polri dalam mendukung tugas Polri khususnya Polda Papua di lapangan.

“Kedepan kita tingkatkan sinergitas, sehingga sekecil apapun kejadian bisa kita eliminir secepatnya dan mencari solusi terbaik untuk menjaga keamanan dan ketentaraman bagi warga masyarakat,” ucap Kapolda Paulus Waterpauw yang juga menghadiri acara HUT TNI di Makodam XVII/Cenderawasih, kemarin.

Lanjutnya, TNI-Polri bersinergi untuk melihat kepentingan orang banyak. Bukan kepentingan satu dua orang.

“Kami tetap meminta dukungan bantuan dari TNI untuk membackup kami dalam tugas-tugas terutama di wilayah yang sulit keadaan alam geografis dan ancaman yang lain,” pungkasnya.

Pada moment HUT TNI ke-75, Kapolda Papua turut memberikan surprise serta memberikan kue ulang tahun kepada Kodam XVII/Cenderawasih yang diterima langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab. (fia/nat)