Kapolres Jayawijaya AKBP, Tonny Ananda Swadaya saat meninjau Lokasi Pelaksanaan FBLB di Distrik Welesi Kabupaten Jayawijaya, Jumat (5/7) kemarin. ( FOTO : Denny/Cepos )

WAMENA-Sebelum even wisata budaya tahunan,  Festival Budaya Lembah Baliem dimulai awal Agustus mendatang, Polres Jayawijaya mulai memastikan keamanan dari lokasi yang akan digunakan  di Distrik Welesi. Dimana masyarakat sekitar menyampaikan jika fasilitas yang pernah dibangun kini mulai rusak dan harus segera dilakukan pembenahan agar dapat digunakan kembali.

   Kapolres Jayawijaya Menyatakan jika Tonny Ananda Swadaya mengaku usai meninjau langsung lokasi pelaksanaan FBLB di Distrik Welesi,  ia mendapat laporan dari beberapa pemuda yang dijumpai disana bahwa sampai saat ini dari Pemda Jayawijaya belum ada yang meninjau lokasi festival.

   “Termasuk dari Kepala Distrik Welesi juga belum ada penyampaian kepada kepala-kepala kampung dan pemuda untuk melakukan pembersihan di lokasi festival, kondisi bangunan yang digunakan untuk festival saat ini rusak dan perlu dilakukan peremajaan,”ungkapnya usai melakukan peninjauan, Jumat (5/7) kemarin.

    Kata Kapolres, kedatangannya ke Distrik Welesi sebenarnya ingin bertemu dengan Kepala Distrik Welesi tapi beliau tidak bisa dihubungi. Karena itu, Kapolres  langsung  melihat kondisi bangunan dan areal festival.

  “Untuk teknis pekerjaan baik perbaikan dan pengecatan bukan wewenang kami, nanti akan ada dari Pemerintah Daerah dan Panitia Festival yang akan mengatur hal itu. Kami hanya mengamankan pelaksanaan FBLB,”katanya.

   Kapolres berharap seluruh masyarakat Distrik Welesi mendukung dan mensukseskan event   FBLB  yang merupakan  moment untuk melestarikan budaya dan adat istiadat masyarakat, serta beberapa potensi alam yang ada di Lembah Baliem ini seperti Kopi, Madu, rajutan noken yang dihasilkan dari masyarakat.

  “Pelaksanaan FBLB ini merupakan salah satu sarana untuk memperlihatkan apa keunikan di kabupaten ini, sehingga untuk mensukseskan kegiatan ini perlu didukung oleh masyarakat khususnya warga Welesi yang menjaga tempat pelaksanaan FBLB ini,”jelas Kapolres.

    Polres Jayawijaya akan menurunkan personelnya untuk melakukan pengamanan terhadap pelaksanaan FBLB dan wisatawan yang datang untuk mengikuti iven tersebut di Jayawijaya pada Agustus mendatang.  “Masalah keamanan menjadi tanggungjawab kepolisian yang akan menurunkan personel mengawal selama pelaksanaan FBLB,”bebernya. (jo/tri)