SERAHKAN CENDERAMATA: Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga menyerahkan cenderamata kepada Pimred Cenderawasih Pos, Lucky Ireeuw saat menyambangi ruang redaksi Cenderawasih Pos di gedung Graha Pena Papua, Rabu (11/3).  ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA-Guna meningkatkan silaturahmi kepada media dalam hal ini Cenderawasih Pos, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga bersama beberapa pejabat dan staf meyambangi dapur redaksi Cenderawasih Pos di gedung Graha Pena Papua, Rabu (11/3).

Kedatangan,  rombongan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua disambut Pemimpin Redaksi (Pinred) Cenderawasih Pos, Lucky Ireeuw didampingi Redpel AgungTrihandno dan seluruh redaktur. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga mengatakan, kunjungannya ini merupakan bentuk sinergi dibangun Perwakilan BI Provinsi Papua.

Tigor Sinaga yang sebelumnya bertugas sebagai Kepala Perwakilan BI Provinsi Nusa Tenggara Timur, menyadari bahwa pers merupakan stakeholeder utama dalam penyampian segala kebijakan dari Bank Indonesia.

“Dari kunjungan ini, kami harapkan sinergi ini lebih ditingkatkan terutama dalam rangka  mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia. Berbagai kegiatan positif seperti pengembangan UMKM, pengendalian inflasi, pengedaran uang, kami harapkan Cenderawasih Pos dapat mengesplor lebih mendalam dan melibatkan juga stakeholeder lainnya,” kata Tigor di Graha Pena Papua, Rabu (11/3) kemarin.

Diakuinya, terkait dengan perkembangan perekonomin Papua dan eksplornya kedepan seperti apa serta bagaimana caranya menumbuhkan sektor-sektor ekonomi baru, hal itu juga merupakan salah satu topik yang akan pihaknya bahas dengan melibatkan stakeholder lainnya. Sebab bagi BI sangat penting menjalin sinergi dengan pers untuk mengesplor kegiatan-kegiatan positif untuk membangun Papua kedepannya.

Menurutnya, sangat penting melibatkan media dalam hal mengangkat dan mengesplor kegiatan-kegiatan yang pihaknya lakukan bersama dengan stakeholder lainnya untuk meningkatkan perekonomian Papua. Khususnya upaya memperbaiki ekonomi Papua yang sempat terkontraksi dengan pengalihan  tambang terbuka (open pit) menjadi tambang bawah tanah (underground mine).

“Dengan kondisi ini kami juga telah melakukan koordinasi denggan semua stakeholder untuk meningkatkan ekonomi Papua. Kita berharap tidak lagi bergantung pada sektor tambang saja tetapi mulai memanfaatkan sektor lainnya yang kita miliki saat ini. Baik itu sektor pariwisata, pertanian dan perikanan. Dimana ketiga sektor ini merupakan sektor unggulan yang ada di Papua yang dapat meningkatkan perekonomian Papua,” jelasnya.

Pada dasarnya melalui kesempatan ini pihaknya selain ingin menjalin silaturahim, juga ingin menjalin sinergi dengan pers dalam sisi pemberitaan terkait kegiatan-kehiatan positif yang akan dilakukan BI. Bersama stakeholder lainnya untuk meningkatkan perekonomian di Papua.

Sementara itu,  Pimpinan Redaksi Cenderawasih Pos Lucky Ireeuw mengatakan bahwa Cenderawasih Pos dalam hal pemberitaan selalu memperhatikan kode etik jurnalistik. Dimana pihaknya selalu siap memberikan pemberitaan yang baik, akurat dan terpercaya bagi masyarakat di Papua.

“Bahkan terkait dengan pemberitaan-pemberitaan positif yang bisa membangun Papua adalah hal yang selama ini telah kami lakukan. Selama ini dan kami sangat mengapresisi kegiatan Bank Indonesia yang telah menyempatkan diri berkujung ke Graha Pena Papua,” jelasnya. (ana/nat)