Suasana penandatanganan kerja sama penerimaan pembayaran tagihan air minum dan tagihan layanan secara online oleh PDAM Jayapura dan PT. Bank Syariah Mandiri, Selasa (16/6) kemarin. ( foto: PDAM for Cepos)

JAYAPURA – Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Perusahaan Daerah Air Minum Jayapura (PDAM) Jayapura menggandeng PT. Bank Mandiri Syariah (BSM) dalam hal pembayaran tagihan air minum dan tagihan online.

 Dirut PDAM Jayapura Entis Sutisna mengatakan, penandatanganan MoU kerja sama dengan Bank Syariah Mandiri ini diharapkan dapat memudahkan pelanggan memilih membayar rekening air. Pemilihan Bank Syaraiah Mandiri ini juga berdasarkan kepemilikan nasabah dari bank tersebut cukup banyak, baik di Kota maupun Kabupaten Jayapura, sehingga dengan menggandeng Bank Syariah Mandiri, kiranya para nasabah yang merupakan pelanggan PDAM lebih mudah melakukan pembayaran rekening air.

 “Dengan total pelanggan kami untuk Kota dan Kabupaten Jayapura sebanyak 35.000 pelanggan, kami harap  dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal membayar rekening air. Saat ini PDAM Jayapura dalam kurun waktu 2 tahun terakhir sudah melakukan penyempurnaan sistem air PDAM Jayapura, sehingga mitra-mitra yang bekerja sama dengan PDAM Jayapura dapat mengakses data base pelanggan kita,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (16/6) kemarin.

 Pihaknya juga membentuk aplikasi “Sipintar PDAM” aplikasi inilah yang dapat memberi kemudahan bagi para mitra yang mau bekerja sama dalam hal pembayaran rekening air. Dengan potensi 35.000 pelanggan dan rata-rata pendapatan saat ini sebesar Rp 2,5 miliar atau baru sebesar 50 persen pelanggan PDAM yang membayar rekening air.“Dengan kerja sama ini kami harap dapat meningkatkan pendapatan,”ujarnya.

 Sementara itu, Branch Manager PT- Bank Syariah Mandiri Ari Suharso mengatakan, melalui kerja sama yang saling menguntungkan yaitu dari pihak bank sendiri, pihaknya mendapatkan peningkatan jumlah transaksi. Dalam hal ini transaksi pembayaran rekening PDAM melalui fasilitas-fasilitas yang pihaknya sediakan.

“Fasilitas yang kami sediakan khusus untuk pembayaran rekening air, bisa melalui ATM, Mobile Banking atau Mobile Bangking Syariah Mandiri. Melalui handphone android di sini para pelanggan PDAM Jayapura akan dimanjakan tidak perlu ke kantor atau ke ATM untuk membayar air cukup dari rumah, atau dari kantor dengan menggunakan layanan Mobile Banking Syariah Mandiri,” terangnya. (ana/ary)