Dr. Indah Sulistiani, SE., M.I.Kom

JAYAPURA- Dosen memiliki peran dan kedudukan penting dalam pencapaian tujuan pembangunan khususnya dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera, adil, makmur, secara aterial dan spiritual. 

 Salah satu unsur internal yang berkeinginan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan dosen di Indonesia adalah organisasi Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI). Sebagai sebuah organisasi lintas perguruan tinggi dari mulai tingkat pusat hingga daerah, PDRI juga telah hadir di Provinsi Papua.

“PDRI adalah organisasi profesi dosen di Republik Indonesia, sebagai organisasi profesi dosen yang mengayomi dan terbuka untuk seluruh dosen di wilayah Republik Indonesia. Perkumpulan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas dosen, dalam meningkatkan mutu pembelajaran juga sebagai upaya mengurangi kesenjangan mutu pendidikan di Papua dari daerah lain di Indonesia. Selain itu untuk meningkatkan kesejahteraan dosen sebagai ujung tombak pendidikan tinggi dalam membangun kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berkemajuan,“ Demikian penjelasan Ketua Umum DPW PDRI Papua, Dr. Indah Sulistiani, SE., M.I.Kom, Rabu (17/6) kemarin. 

 Dosen STIKOM Muhammadyah ini juga menjelaskan bahwa ada 8 departemen pada DPW PDRI Papua, yaitu Departemen Organisasi dan Kelembagaan, Departemen Pengembangan Mutu, Departemen Advokasi dan Bantuan Hukum, Departemen Penelitian, Departemen Penelitian, Publikasi Ilmiah, Literasi dan HAKI, Departemen Teknologi Informasi, Komunikasi dan Kerjasama, Departemen Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Departemen Kreativitas Mahasiswa.

 Sekum DPW PDRI Papua Beatus Mendelson Laka, S.Pd.,M.Pd., yang juga Dosen pada STKIP Biak, menjelaskan bahwa pengurus DPW PDRI Papua yang pertama, yang mengemban tugas pada periode 2020 hingga 2025, akan dilantik, Kamis (18/6/) hari ini oleh Ketua Umum DPP PDRI. 

 Dalam situasi dan kondisi pandemic COVID-19 yang juga melanda Indonesia termasuk di Papua, pelantikan akan dilakukan secara jarak jauh dalam jaringan (daring) atau online melalui aplikasi zoom. 

“Acara pelantikan pengurus DPW PDRI Papua akan dibuka oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat. Acara ini juga akan dihadiri oleh Sekda Provinsi Papua, Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum DPP PDRI,” pungkas Mendelson. (Humas PDRI)