Pemain Persipura Jayapura saat mengikuti latihan di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (27/8) ( FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA-Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen Tiago membeberkan rahasia program latihan yang ia berikan untuk mengembalikan performa terbaik para pemainnya.

Terlihat dari 7 pertandingan yang sudah dilakoni Jacksen bersama Persipura, Boaz dan kawan-kawan terlihat kembali menemukan performa terbaik mereka. Bermain cepat dan keras yang menjadi ciri khas anak-anak Mutiara Hitam kembali bangkit.

Jacksen menjelaskan, selama latihan ia harus bijak dalam memberikan forsir latihan kepada para pemainnya. Termasuk dalam meningkatkan otot para pemainnya yang rentan dengan cidera.

“Tujuan saya saati ini untuk membuat kuat otot pemain, sehingga pemain tidak rentan dengan cedera. Kemarin saya masuk melihat otot mereka sangat lemah sehingga itu yang membuat mereka rentan cidera dan itu yang menjadi fokus saya saat ini,” ungkap Jacksen kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (27/8) kemarin.

Dijelaskan, untuk mengembalikan otot-otot para pemian pemain, ia harus meningkatkan intensitas dalam latihan dengan jangka waktu yang pendek.

“Intensitasnya tinggi tapi singkat, saya tidak mau mereka habiskan tenaga dalam latihan, aku butuh tenaga prima mereka dalam pertandingan,” ujarnya.

Yang jelas intensitas latihan seperti Boaz, Ricardo, Manu tidak bisa sama intensitas latihan dengan Todd Ferre dan Guanansar, harus bijak dalam mengola tubuh mereka agar terhindar dari cidera, bukan mereka tidak mampu bermain, mereka justru sangat mampu bermain tapi transisi dari kondisi lemah ke kondisi yang cukup itu butuh proses. (eri/tho)