JAYAPURA-Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura Ir.H. Rustan Saru, MM., mengungkapkan, potensi perawatan pasien Covid-19 untuk bisa sembuh di Hotel Sahid Jayapura cukup tinggi, sehingga diharapkan semua pasien yang masih dirawat bisa segera sembuh.

 Sedangkan untuk pasien yang positif Covid jika memang bisa dirawat secara isolasi mandiri di rumah masing-masing dan tempat isolasi layak juga bisa dilakukan, namun tetap dilakukan pengawasan dari Ketua RT/RW setempat.

 Sedangkan untuk pengobatan, nantinya tim medis dari Puskesmas setempat akan melayani dalam memberikan obat dan konsultasi lainnya.

 “Untuk perawatan pasien Covid-19 di Hotel Sahid memang sangat membantu karena di sana ada banyak dokter spesialis, dan ini sudah dibuktikan banyak pasien yang disembuhkan di Hotel Sahid. Tapi jika ada pasien dirawat secara isolasi mandiri juga bisa yang penting ada Komitmen bersama pasien mau menaati semua anjuran tim medis dan tim gugus Tugas,”ungkapnya. Kamis (6/8) Kemarin.

 Dijelaskan, dalam upaya menerapkan adaptasi kebiasaan baru, Rustan Saru meminta kepada masyarakat Kota Jayapura selalu patuh terhadap penerapan protokol kesehatan, karena jika tidak mau menerapkan protokol kesehatan tentu konsekuensinya susah dilalukan adaptasi new normal.

 Oleh karenanya, masyarakat harus betul-betul sadar dan disiplin dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, karena pemerintah sudah banyak menggelontorkan dana untuk penanganan Covid, jika wabah ini tidak selesai-selesai, program pemerintah tentu tidak bisa dilakukan dengan baik.  Makanya, mau tidak mau selama bulan ini penyebaran Covid-19 harus bisa dihentikan.(dil/wen)