Apel gabungan  sekaligus Patroli TNI-Polri  di Lingkaran Brawijaya, Merauke, Senin (26/8). ( foto : Sulo/Cepos )

Bersama TNI, Polres Merauke Apel dan Patroli Gabungan 

MERAUKE-Kepolisian  Resor Merauke  bersama  TNI   terus melakukan  tindakan persuasif  dengan kondisi  kamtibmas  yang  terjadi saat ini. Tindakan persuasif yang   dilakukan ini  dengan menggelar   apel dan patroli  bersama di  Lingkaran Brawijaya (Libra) Merauke, Senin (26/8). 

  Kapolres Merauke  AKBP Bahara Marpaung, SH, ketika meminpin langsung apel bersama  ini mengungkapkan  apel  gabungan bersama  yang dilakukan ini dalah rangka mengantisipasi dan mengamankan kegiatan masyarakat maupun pemerintahan di Merauke. ‘’Eskalasi  perkembangan situasi di Kabupaten Merauke  masih tetap aman dan kondusif,’’ kata  Kapolres Bahara Marpaung. 

    Karena    itu, lanjut  Kapolres,  langkah-langkah yang dilakukan adalah  dengan tindakan persuasif seperti patroli gabungan, memberikan imbauan dan membagikan   selebaran serta pemasangan spanduk terkait  pesan-pesan kamtibmas.  ‘’Kita juga melakukan patroli dialogis dan dialog langsung dengan para tokoh agama, adat dan tokoh masyarakat  yang ada di Merauke,’’ katanya. 

   Menurutnya, patroli  gabungan TNI dan Polri   tetap pihaknya  laksanakan. Namun  ia mengingatkan kepada seluruh  personil yang melaksanakan  patroli  gabungan tersebut untuk tidak  mudah terpancing  dengan emosi dan   cepat bertindak di lapangan.  Namun dia mengharapkan  kepada  seluruh anggota  dalam bertindak secara dialogis, persuasif dan humanis.   

Hingga Senin (26/8) sore kemarin, situasi kamtibmas di Kabupaten Merauke   berlangsung aman dan kondusif. Masyarakat  tampak melakukan   aktivitasnya seperti biasanya, meski diakui  ada sejumlah rumah makan  tidak buka  sejak beberapa   hari belakangan    sejak terjadinya   aksi demo  buntut  dari tindakan rasisme yang terjadi di Surabaya dan Malang. (ulo/tri)