Atlet Softball Papua saat mengikuti latihan di Lapangan Baseball Otonom Kotaraja, Jayapura, Rabu (10/6). ( FOTO: Erik / Cepos)

JAYAPURA – Pelatih kepala Softball dan Baseball Papua PON Papua, Ullyses Meija tak menapik bahwa Softball putri di berbagai event bergengsi telah menorehkan prestasi gemilang. Tak hanya untuk Softball Putri, tapi optimis bahwa Softball Putra juga memiliki kans yang sama dengan Softball Putri di PON XX 2021.

Sehingga pelatih asal Filipina itu berharap Softball putra pun harus diberikan kesempatan untuk melakoni try out menunjukan kemampuan terbaiknya sebelum mentaa pada event empat tahunan tersebut.

Sebab menurutnya Softball Putra maupun Baseball menunjukan perkembangan yang sangat baik selama pemusatan latihan guna mencapai medali emas.

“Kita mendorong KONI untuk Softball putra bisa mendapatkan kesempatan yang sama seperti apa yang Softball putri dapat, yakni menjajal beberapa event di luar sana,” ungkap Ullyses kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Sekretariat Bidang Pertandingan PB PON Papua, Rabu (10/6).

Menurutnya, mencapai prestasi itu tak seperti kembalikan telapak tangan, namun butuh proses yang cukup panjang. Ullyses pun ditantang untuk memberikan prestasi terbaik untuk Softball putra/putri mau pun Baseball di PON XX.

“Juara itu butuh proses panjang, saya melihat progres Softball Putri terus menunjukan kemajuan, dan miliki peluang di PON. Sama juga dengan putra, mereka juga memiliki peluang, karena lawan mereka nanti memiliki umur yang sama, tidak ada kata senior. Sehingga sangat perlu memberikan kesempatan kepada Softball Putra,” ujarnya.

Meski sukses memberikan medali emas bagi Softball Putri Papua di Pra PON 2019, tapi menurutnya itu belum cukup. Ia pun mewanti-wanti atletnya agar tak senasib dengan Softball Papua Barat.

“Papua Barat Pra PON 2015 meraih medali emas, tapi di PON juara 3. Sehingga kami tidak pernah lengah, dan kami terus manfaatkan waktu untuk terus berlatih agar bisa meraih hasil yang baik,” jelasnya.

Ullyses juga sedikit menyinggung mewahnya venues baseball dan softball yang disiapkan untuk PON namun tidak diimbangi dukungan semua pihak dalam pembinaan prestasi atlet untuk Papua kedepannya.

“Untuk mencapai juara, kita harus mulai dari pembinaan untuk menciptakan tim yang handal menjadi juara,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Pengprov Perbasasi Papua Yan Yap Ormuseray mengungkapkan saat ini kepengurusannya sudah menyusun Tehnical Heand Book, pembentukan panitia Softball dan Baseball dalam rangka PON XX Papua.

Selain itu, Kata Ormuseray, Pengprov Perbasasi Papua juga telah melakukan pendataan peralatan penunjang lapangan Softball dan Baseball. Serta penyusunan peralatan bertanding dan latihan Softball dan Baseball.

“Kami juga sudah mengusulkan daftar nama tim dan official untuk mendapatkan BPJS, serta menyusun daftar nama atlet Softball dan Baseball untuk masuk dalam sistem informasi olahraga KONI Papua. Kami juga terus melakukan koordinasi dengan Puslatprov, KONI dan PB PON,” ujar Ormuseray.

Pria yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua itu menambahkan, bahwa mereka bersama tim delegate aktif memantau progres venue Softball dan Baseball yang berada di Uncen dan Auri Sentani. (eri/gin).