Stadion Mandala Jayapura. ( FOTO: Erik / Cepos)

Persipura Jayapura

JAYAPURA – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akhirnya memutuskan tim Persipura Jayapura mendampingi Bali United pada Piala AFC Cup 2021, bukan Persija Jakarta sesuai yang diputuskan oleh PSSI.

Manajemen Persipura Jayapura pun merespon kabar tersebut dengan melakukan beberapa persiapan administrasi. Bahkan, soal venue yang akan digunakan Persipura dikabarkan akan kembali bermarkas di Stadion Mandala Jayapura.

Persipura sendiri diketahui telah lama menjadi tim musafir, sejak musim 2019 lalu, tim kebanggaan masyarakat Papua itu harus berkelana di negeri orang. Tahun 2019 tim berjuluk Mutiata Hitam itu menggunakan Stasion Aji Imbut Kalimantan Timur dan Stadion Delta Sidoarjo Jawa Timur.

Bahkan di awal musim Liga 1 2020, sebelum PSSI menghentikan Kompetisi Liga 1 2021 hingga pekan ketiga, Persipura Jayapura masih menjadi tim musafir bermarkas di Stadion Klabat Manado.

Kembalinya Persipura berlaga di Stadion Mandala Jayapura akan mengobati dahaga para pencinta Persipura untuk bisa menyaksikan tim kebanggaannya berlaga di Stadion Mandala Jayapura.

Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, bahwa mereka sepakat kembali ke Stadion Mandala Jayapura usai melakukan komunikasi dengan berbagai pihak.

“Kami juga langsung komunikasi dengan coach Jacksen Tiago, kami minta pendapat tokoh masyarakat, kami minta pendapat tokoh adat, pimpinan Persipura mania, termasuk pemain, dan berdasarkan masukan-masukan mereka, kami usulkan Stadion Mandala Jayapura sebagai Home Base Persipura Jayapura untuk AFC Cup 2021,” ungkap Tomi Mano dalam rilis yang diterima Cenderawasih Pos, Minggu (20/12).

Kata Tomi Mano, jadwal Piala AFC Cup tak sepadat dengan jadwal Liga 1 Indonesia, sehingga pihaknya akhirnya memutuskan untuk kembali ke Stadion Mandala Jayapura.

“Kami sudah berhitung, bahwa volume danjarak pertandingan AFC tidak ketat dan padat seperti Liga 1, sehingga memungkankan kami bermain di Mandala, apalagi kami terlebih dulu harus Play Off,” pungkasnya. (eri/gin).