SELEBRASI: Gunansar Mandowen bersama dua rekannya, Todd Fere dan Samassa, melakukan selebrasi usai membobol gawang Persija Jakarta di Stadion Aji Imbut Kutai Kartanegara, Rabu (11/9) malam.( FOTO : Doni/Kaltim Post)

Amankan 3 Poin, Persipura Geser PSM Makassar 

JAYAPURA – Persipura Jayapura sukses melanjutkan tren positifnya pada kompetisi Shopee Liga 1, usai mengalahkan tamunya Persija Jakarta dengan skor 2-0 di Stadion Aji Imbut Kutai  Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (11/9) malam.

Dua gol kemenangan Persipura diciptakan melalui kaki Gunansar Mandowen pada menit 66 dan Boaz Solossa dimenit 71.

Mengawali babak pertama, Persipura bermain hati-hati. Terlihat dari tempo permainan yang diterapkan oleh Boaz Solossa dan kawan-kawan tidak begitu agresif, sehingga menutup babak pertama dengan skor 0-0

Usai jeda, Persipura meningkatkan tempo permaianan. Sang pelatih Jacksen Tiago memasukan tenaga baru, Gunansar Mandowen menggantikan Ian Louis Kabes pada menit 56’. Alhasil baru 10 menit di lapangan, Gunansar Mandowen membuka kran gol Persipura. Kemudian disusul oleh gol Boaz Solossa yang memanfaatkan serangan balik di menit 71’.

Unggul dua gol tidak membuat puas sang juru takti, Jacksen Tiago. Ia kembali memasukan Imanuel Wanggai menggantikan Israel Wamuauw dimenit 72. Masuknya Manu sapaan akrabnya kian membuat permainan Persipura beringas. Namun sayang tidak ada gol tercipta dan skor 2-0 tetap bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

Tambahan tiga poin menempatkan tim Mutiara Hitam, julukan Persipura pada posisi 8 dengan koleksi 23 poin, naik satu tangga dari posisi sebelumnya.  Sementara kekalahan ini kian membuat tim juara bertahan Persija Jakarta masih di menempati zona degradasi dengan poin 14.

Jacksen mengatakan bahwa kemenangan ini tidak lepas dari penampilan pemainnya yang tampil impresif dan menjalankan strategi dengan baik. Pelatih berpaspor Brasil itu juga membeberkan bahwa pemainnya memiliki motivasi yang tinggi untuk memenangkan pertandingan sebagai status tim musafir.

“Dan malam ini kita tidak hanya sekedar bermain bola tapi kita berjuang untuk suatu yang lebih besar dari itu, dan itu motivasi bagi anak-anak. Bisa dilihat saat pemain menceak gol seperti apa, karena boleh dikatakan kemenangan ini menempatkan mereka sebagai duta Papua untuk memberikan penyegaran hati utnuk masrakayat Papua saat ini, dan kemenangan ini kita berikan kepada masyarakat Papua,” ungkap Jacksen dalam konfrensi pers usai pertandingan, Rabu (11/9) malam kemarin.

Jacksen juga berharap, kemenangan ini menjadi modal yang baik bagi mereka selama bermarkas di Stadion Aji Imbut. Pelatih berpaspor Brasil itu berharap pemainnya terus menjaga tren positif mereka untuk melakoni laga selanjutnya kontra Persela Lamongan.

“Hari ini kita sukses dalam pertandingan. Meski bermain sebagai tuan rumah di luar kandang, namun semangat pemain luar bisa motovasinya untuk memberikan sebuah kado kepada masyarakat Papua sangta luar biasa. Dan kita bersyukur kepada Tuhan, semoga kita bisa menjaga tren ini dengan baik dan melakukan proses recovery yang baik pula untuk pertandingan berikutnya,” ujarnya.

Pelatih berusia 51 tahun itu juga membeberkan bahwa mereka memanfaatkan kecepatan pemainnya dengan melihat kelengahan tim lawan pada babak kedua sehingga menghukum mereka dengan dua gol.

Sementara itu, salah satu pencetak gol, Gunansar Mandowen juga mengatakan hal senada. Ia juga memberikan kemenangan tersebut bagi seluruh masyarakat Papua.

“Malam ini Tuhan Yesus sangat baik kepada kami, sehingga kami diberi kemenangan. Kami tidak sangaka bisa memberikan kemenangan ini dan kami akan mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk pertandingan berikutnya. Terimakasih kepada suporter yang datang mendukung kami di Stadion dan juga masyarakat Papua yang sudah mendukung kami berjuang di tanah orang,” tandasnya. (eri/nat)