JAYAPURA- Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., mengonfirmasi bahwa tim bidang kesehatan Satgas Covid-19 Provinsi Papua telah berangkat untuk melakukan Rapid Test bagi penambang rakyat di Boven Digoel, Selasa (23/6) lalu.“Teman-teman sudah berangkat hari Selasa atau Rabu lalu menuju Boven Digoel. Berdasarkan informasi terbaru, mereka sudah terbang menggunakan helikopter menuju titik-titik yang ditetapkan teman-teman Dinas Kesehatan Boven Digoel,” ungkap dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., Kamis (25/6) kemarin.

dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)

“Titik-titik ini yang dinilai rawan penyebaran Covid-19 karen banyak ditemui orang di penambang rakyat, untuk dilakukan Rapid Test. Demikian, kami sudah berproses,” tambahnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE., MM., mengonfirmasi bahwa Rapid Test akan dilakukan bagi penambang rakyat di Boven Digoel.

“Kalau penambang, semua kita Rapid Test di Boven Digoel. Minggu depan kita turun dengan Satgas Covid-19 Papua dengan alat Rapid Test lengkap untuk melakukan Rapid Test bagi merek,” ujar Klemen Tinal,SE., MM.

Menurut Wagub Tinal, kalau para penambang ini tidak melakukan pemeriksaan, maka bisa berpotensi menjadi carrier atau pembawa virus ketika naik ke Yahukimo maupun Pegunungan Bintang. (gr/gin)