JAYAPURA-Proses penyaringan bakal calon rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura terus bergulir. Pada rapat senat, Senin (21/6) dengan agenda penyaringan calon, dari empat bakal calon yaitu DR. Ir. Apolo, Safanpo ST., MT., DR. Septinus Saa, S.Sos., M.Si., DR. Javniter Manalu, M.Si., dan DR. Ir. Johni Numberi, akhirnya tersisa tiga orang calon.

Tiga calon yang akan bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di Kampus Uncen Jayapura yaitu DR. Ir. Apolo, Safanpo ST., MT., DR. Septinus Saa, S.Sos., M.Si., dan DR. Ir. Johni Numberi.

Dari hasil penyaringan yang dilakukan,  DR. Ir. Apolo, Safanpo ST., MT mengantongi 21 suara, disusul DR Septinus Saa S.Sos., M.Si dengan 10 suara, dan DR. Ir. Johni Numberi meraih 1 suara. Sementara DR. Javniter Manalu, M.Si., dalam penyaringan calon rektor tidak memperoleh suara.

Sekretaris Panitia Seleksi, DR. Hans Kaiwai menyampaikan bahwa bakal calon rektor ini kini berubah statusnya menjadi calon rektor, setelah pada penyaringan telah terseleksi tiga nama sehingga bukan lagi berstatus bakal calon. Nantinya hasil ini menurut Hans akan diteruskan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk  dilakukan pemeriksaan. 

Dikatakan, setelah dilakukan rekam jejak oleh Menteri  Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan semuanya dikatakan tanpa soal, selanjutnya akan dikembalikan ke Senat Uncen untuk dimulai pada tahap pemilihan. “Barulah setelah dilakukan tahap pemilihan penyebutannya menggunakan sebutan calon rektor terpilih. Saat ini, kami sedang mempersiapkan dokumen untuk dikirimkan ke Kementerian,” kata Hans melalui ponselnya, Selasa (22/6). 

Lalu untuk tahap penetapan dan pelantikan dikatakan nantinya ada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang ikut dalam proses tersebut. 

Senat juga akan menyampaikan bahwa 3 nama calon rektor kepada menteri paling lambat 1 bulan  sebelum dilakukan pemilihan, dengan dilampiri dokumen  berita acara proses penyaringan. Daftar riwayat hidup masing-masing calon rektor, visi misi dan program kerja masing-masing calon rektor.

Adapun pemilihan Rektor Uncen menurut Hans akan dilakukan pada 12 Agustus 2021.  “Sebenarnya total suara senat itu ada 37 orang, namun yang hadir hanya 32 orang pada penyaringan calon rektor kemarin. Untuk itu, total suara yang menyalurkan suaranya ada 32 orang dan ini bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya,” tutup dosen ekonomi ini. (ade/nat)