Ketua Pansel Seleksi Sekda Lanny Jaya, Doren Wakerkwa SH (tengah) bersama tim Pansel, tiga calon Sekda Lanny Jaya, Kapolres Lanny Jaya dan Dirut RSUD Tiom berfoto bersama pada seleksi Sekda Lanny Jaya di salah satu hotel di Kota Jayapura, Kamis (29/10). ( FOTO: Humas Pemkab Lanny Jaya for Cepos)

JAYAPURA-Tiga dari tujuh calon Sekda Lanny Jaya dinyatakan lolos administrasi dan telah mengikuti seleksi tahap asesmen dan selanjutnya akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya seperti pembuatan makalah dan juga wawancara.

Ketiga ASN yang dinyatakan lolos tersebut adalah Petrus Wakerkwa, SE., M.Si., Aletinus Yigibalom, M.Pd., dan Tendien Wenda, SIP., M.Si.

Penjabat Sekda Provinsi Papua yang juga ketua tim Pansel Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabulaten Lanny Jaya, Doren Wakerkwa, SH., mengatakan bahwa awalnya memang ada 7 orang yang mendaftar namun 3 orang yang dinyatakan lolos seleksi awal.

“Satu orang yang tidak lulus itu karena umur sudah lebih, dua orang belum mengikuti PIM 2 dan terakhir belum mengumumkan LHKPN yang diminta oleh KPK dan ini wajib,” ungkap Doren Wakerkwa, Kamis (29/10).

Dirinya sebagai ketua tim pansel berharap ketiga orang yang dinyatakan lolos dapat mengikuti seleksi dengan baik, sehingga nantinya nilai yang didapatkan juga maksimal.

Doren Wakerkwa juga menegaskan bahwa seluruh tahapan seleksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Dirinya berharap seluruh tahapan juga dapat berjalan dengan baik. Sehingga nantinya menghasilkan Sekda definitif yang dapat menjalankan roda pemerintahan dan melaksanakan pembangunan di Kabupaten Lanny Jaya.

“Kami juga menyampaikan terima kasih pada tim seleksi  yang sudah bekerja dengan baik dan semoga kinerjanya dapat berjalan baik hingga selesai semua tahapan seleksi tersebut,”tambahnya.

Selain itu, Doren Wakerkwa juga mengapresiasi Kapolres Lanny Jaya yang juga telah meninjau tahapan seleksi tersebut dan juga dapat menjaga situasi kondusif di Kabupaten Lanny Jaya selama proses tahapan seleksi Sekda Lanny Jaya.

Sementara itu, Ketua DPRD Lanny Jaya, Tanus Kogoya, SIP., meminta dengan tegas agar tidak ada satu pihak manapun melakukan intervensi dalam seleksi Sekda Lanny Jaya yang sedang dilakukan tim pansel.

“Kami seluruh masyarakat dan juga DPRD mengikuti tahapan seleksi jabatan Sekda di Kabupaten Lanny Jaya. Seleksi administrasi dimana dari 7 peserta, yang dinyatakan lolos 3 yang memenuhi syarat dan empatnya gugur, karena tidak memenuhi syarat sesuai dengan hasil pengumuman yang dikeluarkan oleh panitia,” ungkap Tanus Kogoya ketika meninjau seleksi Sekda Lanny Jaya disalah satu hotel di Kota Jayapura, Kamis (29/10).

Tanus menambahkan ketiga ASN yang dinyatakan lolos pada seleksi selanjutnya adalah putra-putra terbaik dari Kabupaten Lanny Jaya. Sehingga nantinya siapapun yang terpilih harus menerimanya dengan baik.

“Tiga orang adalah putra terbaik Lanny Jaya yang memiliki kemampuan pengalaman di dalam pemerintahan. Sehingga proses seleksi ini berjalan sesuai dengan aturan. Kami harap tidak ada intervensi dari pihak manapun. Biarkan seleksi berjalan dengan baik sesuai dengan kemampuan mereka, agar nanti menghasilkan sekda yang terbaik pula,”tambahnya.

Ia berharap seleksi dapat berjalan dengan baik sehingga dalam waktu dekat Lanny Jaya memiliki Sekda definitif yang bisa menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Lanny Jaya.(Humas/gin/nat)