WAMENA- Ketua Tim Gugus Tugas Covid -19 Jayawijaya Jhon Richard Banua  mengungkapkan bahwa telah menemukan 3 calon penumpang yang sedang mengurus surat izin jalan untuk berangkat dari Wamena ke Jayapura yang positif terkonfirmasi Covid -19. Hal ini menyusul hasil swab, setelah sebelumnya dinyatakan reaktif dalam rapid test.

Jhon Richard Banua, SE, MSi ( FOTO: Deny/Cepos)

   “Jadi dalam perizinan itu kami mengharuskan calon penumpang harus melakukan rapid test terlebih dahulu dan jika hasilnya reaktif akan dikarantina dan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab itu yang dilakukan oleh 3 warga itu karena dari hasil swabnya mereka positif,” ungkapnya Kamis (2/7) kemarin.

  Ia menyatakan 3 orang tersebut merupakan OTG yang terdampak dari penularan lokal, sehingga saat ini mereka telah dirawat di tempat isolasi yang disiapkan Pemkab  Jayawijaya mereka terjaring dalam syarat pemeriksaan untuk turun ke Jayapura, sehingga untuk surat ijin mereka terpaksa harus dipending terlebih dulu sampai mereka sembuh.

   Untuk mengetahui kontak mereka, kata Bupati, ia sudah meminta kepada tim untuk melakukan wawancara kepada 3 orang ini untuk mengetahui kontak langsung dengan siapa saja serta meakukan pencarian baik itu keluarga, teman , dan ini sudah dilakukan oleh tim.

   “Kita akan tetap melakukan tracing terus kepada kerabat -kerabat dari pasien baru ini agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid -19,”katanya.

   Untuk ketersediaan Catrige pemeriksaan swab sejauh ini tidak ada masalah lagi, memang kemarin sempat kurang tetapi sekarang sudah bisa dibeli di Jakarta, dimana kemarin diterima 120 Catrige, malam ini juga akan ada pengiriman 120 lagi, dan mungkin besok juga masih bisa didapatkan Catridge ini agar bisa digunakan untuk pemeriksaan Swab.

  Ia menambahkan semula jumlah positif terkonfirmasi Covid -19 di Jayawijaya 5 orang, namun 1 pasien dari Lanny Jaya dan Yalimo masuk ke data Jayawijaya sehingga menjadi 7 orang, dan setelah ada tambahan 3 orang calon penumpang positif maka saat ini di Jayawijaya ada 10 pasien yang dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. (jo/tri)