PON 2021 Papua

JAYAPURA – Asprov PSSI Papua, memiliki tiga cabang olahraga yang akan mentas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 pada bulan Oktober mendatang. Ketiga Cabor tersebut ialah Sepakbola putra/putri dan Futsal.

Ketiga cabang olahraga tersebut sudah melakukan pemusatan latihan sangat lama. Bahkan ketiga cabang olahraga tersebut mulai gelisah karena tak kunjung melakukan try out atau rangkai uji coba ke luar daerah.

Padahal ketiga Cabor tersebut merupakan Cabor unggulan kontingen Papua. Tentu target medali emas sudah menjadi harga mati bagi kontingen Papua. Sayangnya, target tersebut tidak diimbangi dengan uji coba yang sepadan.

KONI Papua awalnya sempat menjadwalkan ketiga Cabor tersebut akan melakukan try out ke luar negeri pada awal tahun 2020 silam. Hanya saja, karena Covid-19 yang mulai mewabah membuat agenda try out ketiga Cabor permainan itu harus dibatalkan.

Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya mengatakan, bahwa KONI Papua dalam waktu dekat akan mengirim keluar ketiga cabang olahraga tersebut.

“Dari Asprov meminta di awal Juli untuk untuk try out. Kita akan berangkatkan semua, Sepakbola putra/putri dan Futsal,” ungkap Kenius kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Jayapura, Senin (28/6).

Namun dengan kondisi Covid-19 yang kembali mulai melonjak di beberapa wilayah Tanah Air, KONI Papua, kata Kenius, akan hati-hati menempatkan Cabornya.

Menurut Kenius, KONI Papua akan mengutamakan wilayah-wilayah yang masih menjadi zona hijau Covid-19. Ia menegaskan bahwa KONI tidak ingin mengambil resiko yang besar, apalagi PON kini hanya menyisahkan waktu 2 bulan lebih.

“Kita akan kirim mereka ke beberapa tempat yang daerah Corona-nya tidak terlalu tinggi, artinya zona hijau. Kita tidak akan kirim ke zona mereka daerah rawan. Karena kesehatan atlet lebih utama, dan kami akan menjaga atlet dengan baik, karena PON tidak lama lagi,” pungkas Kenius. (eri/gin).