SELEBRASI: Pemain dan official Persipura saat melakukan selebrasi merayakan gol kedua Persipura saat menjamu PSIS Semarang di Stadion Klabat, Manado, Sulawesi Utara, Minggu (1/3) lalu. ( foto: Erik / Cepos)

JAYAPURA – Dampak virus Korona yang kini melanda Indonesia berimbas terhadap kompetisi Shopee Liga 1 2020. Untuk mengantisipasi penularan virus Korona, PT. LIB selaku operator Liga pun resmi menunda laga big match antar Persija Jakarta dengan Persebaya Surabaya.

Pertarungan tim papan atas yang seharusnya disajikan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu (7/3) tersebut ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

PT. LIB dalam surat resminya menjelaskan, guna menindaklanjuti surat dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 27 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) tertanggal 3 Maret 2020 dan memperhatikan hasil rapat jajaran Direksi dan Komisaris PT. Liga Indonesia Baru (LIB), bersama ini LIB menyampaikan penundaan pertandingan Shopee Liga 1 2020 antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2020 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. 

PT. LIB akan mengumumkan lebih lanjut penjadwalan ulang untuk laga Persija Vs Persebaya.

Sementara untuk Persipura Jayapura, dihari yang sama juga akan menghadapi tuan rumah Borneo FC, Sabtu (7/3) di Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur.

Pertandingan tersebut rencananya tetap akan berjalan sesuai jadwal. Apalagi saat ini tim Mutiara Hitam telah berada di Samarinda untuk melakukan persiapan. 

“Sampai hari ini Persipura belum ada perubahan jadwal, tetap sesuai jadwal,” ungkap Sekretaris Persipura Jayapura, Rocky Bebena kepada Cenderawasih Pos, Kamis (5/3) siang kemarin. 

Untuk penundaan jadwal pertandingan tidak hanya dilakukan pada kompetisi tanah air. Namun beberapa negara tetangga juga telah melakukan hal yang sama, seperti Tiongkok, Thailand dan Jepang. Tak hanya di Asia, kompetisi di Eropa pun juga melakukan hal serupa. Serie A Italia juga beberapa kali telah melakukan penundaan pertandingan akibat virus Korona tersebut. (eri/nat)