Yacobus Mamuyab

MERAUKE-Jika di tahun  2019 lalu sebanyak 7 mahasiswa kedokteran Universitas Kristesn Indonesia (UKI) Jakarta drop out  (DO), karena  nilai yang tidak memenuhi persyaratan,  maka  tahun ini sebanyak 8 mahasiswa penerima beasiswa dari Pemkab Merauke tersebut  bakal menyusul dikeluarkan dari kampus. 

  “Kalau di  tahun  2020  ini sudah 5  orang yang sudah  DO, yakni 4 dari IPB Bogor dan 1 orang dari Semarang. Tapi   kelihatannya masih ada 3 orang yang  menyusul, sehingga totalnya  menjadi 8 orang di tahun 2020 ini,’’ kata Kabag Kesra Setda Kabupaten Merauke Yacobus Mamuyab, S.Pd, kepada    Cenderawasih Pos belum lama ini.

   Yacobus Mamuyab menjelaskan, bahwa mahasiswa penerima  beasiswa yang bersumber dari dana Otsus  Papua dari APBD  Kabupaten  Merauke itu  drop out karena nilai Indeks Prestasi (IP)  tidak memenuhi persyaratan. Nilainya IP di bawah  2. Padahal, persyaratan   untuk menerima beasiswa tersebut harus memiliki IP  minimal 2,75.“Itu sudah disyaratkan dalam  Surat Keputusan (SK) Bupati,’’ terangnya. 

   Dikatakan,  mahasiswa tersebut  DO, karena  tidak secara serius belajar  dengan baik. Padahal, uang kuliah sudah dibayarkan pemerintah  ditambah  lagi dengan  uang saku  untuk makan minum dan transportasi   sebesar Rp 2,5 juta yang dikirim setiap bulannya ke rekening  masing-masing  mahasiswa. 

  Namun yang terjadi, kata Yacobus Mamuyab, yang disalahkan orang tua ketika ada anak-anak  yang DO seperti adalah pemerintah daerah dalam hal  ini  Bagian Kesra Setda Kabupaten Merauke. “Yang disalahkan pemerintah daerah, dalam hal ini  kami. Padahal, uang sudah kita  kirimkan,” jelasnya.   

  Seharusnya, kata  dia, orang tua juga bertanggung  tidak semuanya dilimpahkan kepada  pemerintah  daerah. Karena pemerintah sudah menyiapkan anggaran  untuk anak-anak tersebut. “Orang tua harus menjalani komunikasi  dengan anak-anak mereka  soal kondisi mereka, kuliah  mereka, belajar mereka bagaimana dan tidak boleh melepaskan  begitu saja. Kalau terjadi seperti ini jangan pemerintah yang disalahkan,” tandasnya. (ulo/tri)