Sebanyak 196 warga Biak yang tertahan di Jayapura akibat lockdown  ketika tiba menggunakan KMP Sabuk Nusantara 29 di Pelabuhan Biak, Rabu (24/6) kemarin. ( FOTO: Fiktor/Cepos)

BIAK-Sebanyak  196 warga Biak yang tertahan di Jayapura akibat dampak dari lockdown tiba di Pelabuhan Biak dengan menggunakan KMP Sabuk Nusantara 29, Rabu (24/6) kemarin. Dari 196 penumpang itu ditemukan tiga diantaranya reaktif rapid test dan langsung dikarantina oleh Tim Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covi-19 Kabupaten Biak Numfor. 

   Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Biak Numfor Fransisco Olla, S.Sos saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos membenarkan adanya tiga penumpang yang reaktif rapid test. Ketiga penumpang yang reaktif tersebut diketahui setelah memperlihatkan surat rapid testnya ketika dilakukan pemeriksaan oleh tim KKP Biak. Artinya pemeriksaan rapid test sebagai kelengkapan lampiran surat jalan dilakukan di Jayapura.  

  “Yang tiga orang penumpang ini diketahui reaktif ketika memperlihatkan hasil surat rapid testnya ke petugas KKP di Pelabuhan Biak, ya mereka langsung dikarantina. Jadi rapid test itu dilakukan di Jayapura, dan ketika mereka turun hanya memperlihatkan surat hasil rapid testnya,” katanya. 

   Sementara KMP Sabuk Nusantara 64 dan 94 yang dikerahkan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor menjemput warga Biak yang terkena dampak lockdown  di Jayapura rencananya tiba, Kamis (25/6) hari ini. Kedua kapal perintis itu dikerahkan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor ke Jayapura karena belum adanya kapal putih (kapal besar) yang diizinkan membawa penumpang secara reguler.

   “Dua kapal Sabuk Nusantara, yakni Sabuk Nusantara 64 dan Sabuk Nusantara 94  yang dikerahkan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor membawa ratusan warga Biak dari Jayapura akan tiba Kamis besok (hari ini),” tandasnya. 

   Sekedar diketahui, hingga berita ini diturunkan KMP Masirei yang dikerahkan ke Nabire sudah tiba di Pelabuhan Mokmer Biak, Rabu (24/6) malam. Sebanyak 108 warga Biak yang sempat tertahan akibat lockdown di Nabire telah terangkut dan sudah tiba di Biak. 

   “KMP Masirei sementara menurunkan penumpang, secara keseluruhan kapal membawa 108 penumpang dan semuanya warga Biak yang terkena dampak lockdown di Nabire,” kata Fransisco Olla yang masih memantau langsung turunnya warga di Pelabuhan Mokmer saat dikomfirmasi Cenderawasih Pos via telepon selulernya.(itb/tri)