WAMENA-Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid -19 Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE, MSi mengungkapkan bahwa dari hasil pemeriksaan rapid test antigen yang dilakukan   terhadap penumpang yang tiba di Bandara Wamena, tiap hari ditemukan 2-3 orang yang positif Covid -19. Penumpang yang ditemukan  positif ini, tidak hanya dari luar Papua, tapi juga dari  Jayapura.

  “Sampai saat ini kita masih menemukan penumpang yang positif Covid -19 di Bandara Wamena, dimana dari hasil pemeriksaan tiap hari itu kita bisa dapatkan 2-3 orang yang positif ini yang selama ini ditemukan,”ungkapnya Senin (21/6) kemarin.

  Ia menyatakan sampai saat ini, pihaknya masih berusaha untuk terus menjaga penyebaran Covid -19 dengan melakukan pemeriksaan di Bandara Wamena, khususnya di terminal kedatangan, sehingga semua penumpang yang baru turun tidak lolos dari pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas disana.

  “Kita memberlakukan ini untuk menjaga masyarakat Jayawijaya dan Lapago agar penyebaran Covid -19 ini tidak terus berkembang dalam masyarakat,”ujarnya

  Bupati Banua juga menerangkan jika dengan banyaknya warga yang masuk dan positif covid-19, maka Pemda Jayawijaya sudah menyiapkan surat kepada Gubernur Papua dan Dinas Kesehatan Provinsi Papua untuk menanyakan pemeriksaan yang dilakukan di Jayapura. Sebab jangan sampai ada tempat atau klinik kesehatan yang mengeluarkan surat hasil pemeriksaan rapid tes antigen bebas covid-19 (Negatif) tanpa melakukan pemeriksaan.

  “Dalam surat itu kita laporkan situasi yang terjadi di daerah kita, meski penumpang yang naik sudah mengantongi surat hasil rapid tes antigen dengan status Negatif , namun sampai di Wamena saat dilakukan pemeriksaan ternyata Positif,”tegasnya

  Kata Bupati Jayawijaya, rapid test antigen yang dilakukan di Bandara Wamena juga dilakukan dengan pemeriksaan PCR sehingga dan hasilnya tetap positif, sehingga penumpang yang positif ini langsung dikarantina. Oleh karena itu pihaknya akan melakukan koordinasi untuk melihat kembali dari hasil pemeriksaan ini.

  Ditambahkan, untuk jumlah pasien covid -19 yang masih dalam perawatan saat ini totalnya 15 orang dimana 1 di ruang isolasi RSUD Wamena dan 14 orang lagi ada melakukan karantina di Bethesda, sementara dari data minggu kemarin yang menunggu hasil pemeriksaan Swab atau PCR juga ada 12 orang.

  “Semua pasien yang saat ini dirawat merupakan penumpang yang ditemukan positif saat dilakukan pemeriksaan di Bandara Wamena, sementara untuk pasien penularan dari dalam Jayawijaya  sudah tak ada,” jelasnya. (jo/tri)