Thiago Amaral (FOTO:Erik / Cepos)

JAYAPURA-Setelah ditinggal Sylvano Comvalius dan Arthur Cunha di tengah ketidakpastian kompetisi Liga 1, Persipura Jayapura kembali harus kehilangan pemain asingnya, menyusul hengkangnya Thiago Amaral.

Manajer Persipura Jayapura, Rudy Maswi membeberkan bahwa Persipura Jayapura dan Thiago Amaral saat ini tak lagi menjalin kontrak kerja sama untuk musim 2020/2021.

Kata Rudy Maswi, manajemen Persipura belum bisa menjalin kontrak baru dengan pemain asal Brasil itu. Pasalnya, saat ini pihaknya masih menunggu realisasi sisa kontrak di musim 2020 dari PT Bank Papua senilai Rp 5 miliar yang belum dibayarkan. Hal itu yang membuat manajemen Persipura kesulitan untuk memagari pemain asingnya.

“Comvalius dan Arthur sudah pergi duluan, terakhir Thiago lagi. Karena Bank Papua sampai saat ini masih menggantung kita, sehingga beberapa pemain sudah lari. Kalau pemain kita yang Papua masih sabar saja,” ungkap Rudy Maswi kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Selasa (5/1).

Kepergian Thiago Amaral membuat Persipura saat ini hanya menyisahkan Takuya Matsunaga sebagai slot pemain asing. Tapi Rudy Maswi khawatir dengan status pemain Jepang itu. Pasalnya bila Bank Papua tak kunjung membayarkan kontrak sisa, maka Takuya pun juga terancam akan dilepas.

Untungnya, kata Rudy Maswi, Takuya merupakan sosok pemain yang masih memahami kondisi finansial timnya saat ini.

“Kalau terus-terus kayak begini, kita mau main di AFC, kita sudah tidak punya pemain asing lagi. Tinggal Takuya. Itu pun Takuya orangnya masih bisa diajak bicara. Artinya kita bicara sama dia, kita pakai aturan PSSI dia masih terima,” pungkas Rudy Maswi.

Apa yang dialami oleh Persipura saat ini bukan hal baru. Sebab hampir semua kontestan Liga 1 tanah air ditinggal oleh para pemain asingnya. Bahkan, Persiraja Banda Aceh, Arema FC dan Persik Kediri merupakan 3 klub yang telah ditinggal empat legiun asingnya sekaligus. (eri/nat)