Sidang Paripurna DPRD Jayawijaya untuk menetapkan Fraksi dan pimpinan Definitif sebagai alat kelengkapan yang dibentuk. (FOTO: Denny/ Cepos )

WAMENA-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jayawijaya telah menetapkan 7 fraksi dewan dan pimpinannya dalam sidang paripurna di Ruang Sidang Kantor DPRD Jayawijaya, Senin (24/2).  

   Ketua Sementara DPRD Jayawijaya Mathias Tabuni mengungkapkan bahwa sidang ini selain menetapkan pimpinan dewan definitive juga menempatkan pimpinan fraksi. Dimana fraksi did ewa ada 5 fraksi parpol seperti Fraksi Demokrat, Nasdem, PKPI, Perindo, PDIP. Sementara dua fraksi lainnya adalah gabungan parpol.

  Menurut Mathias, untuk ketua terpilih ada beberapa kriteria, dimana DPC harus mengusulkan 3 nama ke DPP dan DPP parpol pemenang pemilu yang akan memilih 1 dari 3 nama yang diusulkan, ketentuan yang kedua dimana pimpinan definitif merupakan kader yang lama  dan yang ketiga memiliki pengalaman.

   “Sebenarnya dari DPC sudah mengajukan 3 nama ke DPP melalui DPD, dan hasilnya sudah ada sehingga rapat paripurna ini sudah ditetapkan tinggal usai diusulkan dan ada SK barulah dilantik,”jelasnya

   Tabuni mengaku jika, sebenarnya untuk pengusulan ke Provinsi sudah dilakukan kemarin, akan tetapi dikembalikan karena belum dilakukan penetapan melalui sidang paripurna.  

   Sebelumnya Sekwan DPRD Jayawijaya Thony Mayor menyatakan, ada tiga partai yakni Demokrat, Nasdem dan PKPI ini telah mengajukan nama -nama yang bakal menjadi unsur pimpinan DPRD karena merupakan pemenang pertama, kedua dan ketiga  dalam perolehan Kursi dalam lembaga legislatif dan sekretariat telah menyampaikan usulan itu kepada Gubernur Papua melalui Bupati Jayawijaya.(jo/tri)