Para pengendara roda dua dan roda empat, yang berlalu lalang di jalan raya dari arah Padang Bulan ke Abepura maupun dari Abepura ke Padang Bulan sebelum dilakukan pembatasan jam pada pukul 14.00 WIT di depan Kampus Universitas Cenderawasih Abepura Kota Jayapura, Rabu (27/5) kemarin. ( FOTO: Yewen/Cepos)

Dalam Menjaga Pembatasan Aktivitas di Wilayah Abe

JAYAPURA- Setelah libur Lebaran atau Idul Fitri selama kurang lebih tiga hari, maka hari ini Rabu (27/5) aktivitas di Provinsi Papua, khususnya di Kota Jayapura kembali berjalan normal, dimana aktivitas perekonomian dan perkantoran seperti perbankan dan kantor swasta lainnya kembali di buka.

 Namun demikian mereka tetap mengikuti instruksi yang telah ditetapkan oleh Provinsi Papua dan Kota Jayapura mengenai pembatasan jam aktivitas yang berlangsung pada pukul 14.00 WIT. Artinya masyarakat boleh beraktivitas mulai dari pukul 06.00 Wit-14.00 WIT.

 Kapolres Jayapura, AKBP Gustav Urbinas melalui Kapolsek Abepura, AKP Clief Gerald Philipus Duwith mengatakan, dalam pembatasan aktivitas yang telah dilaksanakan selama beberapa minggu ini tetap berlangsung seperti biasa, dimana jalan-jalan yang ada di Abepura akan dilakukan pengecekan kepada setiap warga masyarakat yang melintas di Kota Jayapura, khususnya di wilayah hukum Polsek Abepura.

 Menurut Duwith, pihaknya tetap melakukan pemeriksaan kepada setiap kendaraan yang melintas di atas dari jam 14.00 WIT, tetapi tetap dalam suasana yang selektif dan fleksibel, apalagi ini aktivitas perkantoran sudah dibuka kembali pasca lebaran, sehingga bagi warga yang pulang ke rumah masing-masing, tetapi terlambat karena macet dan sebagainya tetap akan dipersilakan.

 “Kita tetap selektif dan fleksibel, sehingga bagi warga masyarakat yang memiliki kartu tanda pengenal, surat tugas, atau yang baru pulang kantor, tetapi terlambat karena macet akan tetap dipersilahkan untuk melintas yang terpenting alasannya jelas,” katanya saat dikonfirmasi cenderawasih pos melalui telepon selulernya, Rabu (27/5).

 Selain itu, kata Duwith, bagi warga masyarakat yang membawa orang sakit menggunakan mobil ambulance atau bagi warga masyarakat yang membeli obat di apotek tetap akan dipersilakan. Tidak hanya itu, bagi kendaraan yang membawa BBM, bahan makanan (bama) dan yang berkaitan dengan penanganan Covid-19 di Kota Jayapura akan tetap dipersilakan untuk melintas.

 Duwith menyatakan, aktivitas secara umum tetap berjalan seperti biasa, dimana pihaknya tetap akan melakukan pengamanan dan pembatasan wilayah terhadap enam lokasi yang ada di wilayah Abepura Kota Jayapura.

 “Kita harapkan warga masyarakat bisa lebih patuh terhadap semua instruksi dan pembatasan aktivitas yang di Kota Jayapura dalam rangka mengurangi, mencegah dan mengendalikan serta memutus mata rantai Covid-19 yang ada di Kota Jayapura,” harapnya. (bet/wen)