Mathias Mano ( FOTO: Humas Pemkot for Cepos)

JAYAPURA-Pemerintah Kota Jayapura tetap AKAN merayakan HUT ke-111 Kota Jayapura pada tanggal 8 Maret, dan Hari Pekabaran Injil (HPI) di Tanah Tabi pada 10 Maret. 

Ketua Panitia HUT Kota Jayapura ke-111 dan Perayaan Hari Pekabaran Injil (HPI) di Tanah Tabi, Mathias Mano menyebutkan pelaksanaannya akan dilakukan secara sedernaha, dengan jumlah undangan terbatas, dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Pelaksanaan HUT Kota Jayapura dan HPI di Tanah Tabi tidak lagi seperti upacara. Namun, sesuai arahan Wali Kota Jayapura, akan disesuaikan dalam bentuk ibadah syukur. Ini yang sedang dipersiapkan panitia dalam waktu efektif 4 hari ke depan,” ungkap Mathias Mano, Rabu (3/3) kemarin.

Dikatakan, HUT Kota Jayapura sejatinya jatuh pada 7 Maret, yakni hari Minggu. Oleh karenanya, perayaan ibadah syukur HUT Kota Jayapura akan dilaksanakan pada Senin, 8 Maret.

“Dimulai pukul 8.00 pagi sampai selesai. Ibadah syukur ini diadakan secara sederhana, dimana tamu undangan dibatasi jumlahnya dan protokol kesehatan yang diterapkan secara ketat,” jelasnya.

Mengenai persiapan, Mano menjelaskan bahwa akan ada edaran Pemkot Jayapura untuk masyarakat menyiapkan ucapan selamat hingga memasang umbul-umbul. Termasuk menghias kota yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi saat ini.

“Panitia juga akan menggelar kegiatan Jumat Bersih yang akan dimulai pada 5 Maret, dengan membersihkan taman-taman di Kota Jayapura. Dilanjutkan dengan diskusi publik bersama Wali Kota Jayapura, serta ziarah ke taman makam pahlawan  pada 6 Maret,” tambahnya.

Ditambahkan, kegiatan HUT Kota Jayapura oleh panitia akan dikombinasikan dengan kegiatan di tingkat OPD. Mano yang juga Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jayapura membeberkan bahwa Dispar telah menyiapkan kegiatan dalam rangka HUT Kota Jayapura.

“Dispar akan melaksanakan pemilihan putra-putri pariwisata yang seleksinya dimulai 4 Maret  hingga 15 Maret nanti. Kemudian, dari Dinas Kesehatan, mereka akan menyerahkan bantuan mobil ambulans keliling khusus Covid-19, serta vaksinasi bagi para tamu undangan yang hadir pada ibadah syukur HUT Kota Jayapura nantinya,” pungkasnya. (gr/nat)