Persipura

JAYAPURA – Kick off Liga 1 2021/2022 tinggal menyisakan 4 hari lagi, Persipura Jayapura sendiri sudah melakukan persiapan cukup lama. Namun tim berjuluk Mutiara Hitam itu masih minim uji coba, terhitung sejak melakukan persiapan sejak Maret lalu, Ian Kabes dan kolega baru melakoni delapan kali uji coba.

Persipura Jayapura terakhir kali melakukan uji coba dejak 13 Juni lalu kontra Persita Tangerang. Saat itu, Persipura tumbang dengan skor 3-1 pada laga yang berkesudahan pada pertengahan babak kedua. Selebihnya, Persipura lebih banyak melakukan game internal dari pada harus melakukan uji coba dengan tim lain.

Situasi pandemi membuat tim kebanggaan masyarakat Papua harus mikir-mikir untuk melakukan uji coba. Apalagi Persipura tidak ingin mengambil resiko kehilangan pemain saat latihan akibat kontaminasi virus Covid-19. Bahkan jelang kick off Liga 1, Persipura tetap enggan melakukan uji coba.

Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago mengatakan bahwa sangat riskan untuk melakukan uji coba sementara kompetisi sudah depan mata. Legenda hidup PSM Makassar dan Persebaya Surabaya itu mengaku tidak ingin kehilangan pemain di laga awal. Apalagi timnya saat ini tidak dalam kondisi yang baik, dua pemain asingnya, Takuya Matsunaga dan Marcelino Motta masih dalam tahap pemulihan cedera.

Menurut Jacksen, melakukan game internal merupakan solusi terbaik timnya saat ini. Meski tidak begitu memberikan tekanan dalam pertandingan, tapi menurutnya itu lebih baik daripada harus melakukan uji coba dengan situasi pandemi Covid-19 yang masih tinggi.

“Kami kemarin sudah berpikir matang dan sudah berdiskusi dengan manajemen bahwa kita tidak akan menggelar uji coba, kita memilih internal game dan saya rasa dalam masa pademi ini kita tidak tahu kondisi lawan kita lebih baik kita tidak membuka pintu kontaminasi virus itu bisa masuk di lingkungan kami,” ungkap Jacksen F. Tiago, Sabtu (21/8) malam.

Jacksen menyebutkan, bahwa jelang kick off mereka sangat rutin melakukan game internal. Bahkan pelatih asal Brasil itu membeberkan bahwa mereka dalam tiga hari secara berturut-turut melakukan game internal.

“Situasi seperti ini kami memilih untuk internal game di antara kami, dan kami melakukannya secara rutin, dan sudah tiga hari berturut-turut kami melakukan game internal,” ujar pelatih yang sudah tiga kali memberikan gelar juara bagi Persipura Jayapura tersebut.

Jacksen juga menuturkan, jika perkembangan pemainnya hingga saat ini cukup baik untuk menyambut kompetisi tertinggi tanah air musim ini. Ia memuji setiap pemainnya yang dinilai terus menunjukan perkembangan setiap hari.

“Dan saya rasa game internal ini cukup efektif dari perkembangan pemain dan pemahaman pemain dari hari ke hari, ada peningkatan yang cukup signifikan untuk kita optimis menjalankan kompetisi nanti dan semoga semua berjalan lancar dan kemungkinan uji coba itu tidak ada,” pungkasnya. (eri/gin).