IKUT TES: Para peserta tes CPNS formasi 2019 instansi pusat, saat mengikuti tes hari kelima di Kantor Regional IX BKN Jayapura, Jumat (31/1). ( FOTO: Yewen/Cepos)

JAYAPURA-Memasuki hari kelima tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2019 untuk instansi pusat, peserta CPNS untuk formasi pusat bernama Carla Claudia Octavania Wairo yang melakukan tes CPNS di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih meraih nilai tertinggi dengan skor 427. 

Kepala Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Jayapura, Drs. Paulus Dwi Laksono, MUP mengatakan bahwa memasuki hari kelima tes CPNS, salah satu peserta tes CPNS bernama Carla Wairo yang mengikuti tes CPNS formasi putra-putri Papua masih memiliki nilai tertinggi di Kementerian PUPR ketika melakukan tes CPNS di Kantor Regional IX BKN Jayapura, Selasa (28/1) lalu. 

Menurut Paulus, pada hari kedua tes CPNS dari instansi Kementerian Pertanian dan Kementerian PUPR yang dibagi menjadi 5 seleksi kompetensi dasar (SKD) ini, diikuti 168 peserta untuk Kementerian Pertanian dan 195 peserta pelamar dari instansi PUPR. 

“Dari hari kedua hingga hari kelima ini peserta Carla Wairo dari formasi putra-putri Papua ini masih tercatat sebagai peserta dengan skor tertinggi. Dimana Carla mendapatkan nilai TWK 130, TIU 145 dan TKP 152, sehingga total nilainya menjadi 427,” katanya. 

Paulus mengatakan bahwa nilai tertinggi yang diraih oleh Carla Wairo ini tentu tidak terlepas dari kemampuannya mempelajari materi-materi dalam tes SKB ini, sehingga bisa memperoleh nilai tertinggi. Selain itu, dengan nilai yang diperoleh ini menunjukkan bahwa kemampuan anak-anak Papua sangat luar biasa. 

Dalam kesempatan itu, Paulus mengucapkan selamat kepada Carla Wairo yang memperoleh nilai tertinggi dalam tes SKB. Semoga kedepan dalam tes selanjutnya tetap mempertahankan nilai tertinggi yang ada. “Mudah-mudahan bisa lulus hingga tahap terakhir,” ucapnya. 

Selain Carla menurutnya ada juga peserta yang memiliki nilai tinggi. Yaitu  Irza Akhmad Ghozali yang melakukan tes CPNS untuk instansi Kementerian Pertanian. Irza mendapatkan skor nilai 396.

“Dia (Irza) mendapatkan nilai TWK 125, TIU 125 dan TKP 146, sehingga total nilainya mencapai 396,” katanya. 

Adapun nilai ambang batas (Passing Grade) SKD CPNS Tahun 2019 untuk jalur umum adalah TWK 65, TIU 80 dan TKP 126, sedangkan untuk formasi putra-putri Papua dan Papua Barat adalah TWK 65, TIU 60 dan TKP 126. 

Paulus mengatakan, mulai dari hari pertama hingga hari keempat tes CPNS ini berjalan aman, nyaman, dan lancar. Tidak ada gangguan terhadap komputer CAT yang digunakan oleh para peserta untuk melakukan tes. 

“Semua berjalan aman dan tidak ada gangguan selama tes ini berlangsung di BKN Jayapura. Kita harapkan kedepan tes tetap berjalan aman dan lancar,” ujarnya. (bet/nat)