dr. Aaron Rumainum, M.Kes ( FOTO: Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aaron Rumainum, M.Kes., menyebutkan bahwa hingga kini pihaknya terus memantau daerah yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

 “Kalau untuk tingkat kabupaten kita bisa pantau. Tapi untuk tingkat Puskesmas, itu Dinkes kabupaten/kota yang bisa memantau. Jadi sekiranya 6 kabupaten yang telah melakukan pelatihan vaksinator, Kota Jayapura itu sudah 498 orang yang divaksinasi,” terang dr. Aaron Rumainum, M.Kes., Kamis (28/1)..

 Kemudian, Mimika dengan 410 orang yang telah divaksinasi. Sedangkan untuk Kabupaten Jayapura ada 61 orang yang sudah divaksinasi dan di Biak Numfor sudah 2 orang yang divaksinasi.

 Lantas bagaimana dengan Keerom dan Sarmi?  Pemkab Keerom sampaikan bahwa mereka telah melakukan pertemuan dalam rangka koohrdinasi dengan bupati dan secara internal Dinkes Keerom, sehingga akan dilakukan vaksinasi pada 29 Januari (hari ini). Untuk Sarmi, mereka akan ambil sendiri vaksin di Jayapura. Namun sampai saat ini pihaknya belum tahu kapan mereka akan launching vaksin.

 “Untuk Biak Numfor, kami sudah melakukan komunikasi bersama Kepala Dinas Kesehatan Biak Numfor dan katanya mereka masih menunggu bupati untuk launching vaksin secara sederhana. Jadi, vaksin ini sudah tiba, tinggal dilakukan saja vaksinasi,” pungkasnya. (gr/ary)