JAYAPURA-Penambahan kasus positif Covid-19 kembali terjadi di Provinsi Papua, Rabu (10/6).  Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., menyebutkan, hingga Rabu (10/6) malam terkonfirmasi penambahan 37 kasus positif baru di Provinsi Papua. 

Penambahan tersebut menurut dr. Silwanus Sumule masing-masing berasal dari Kota Jayapura dengan 16 kasus, Biak Numfor dengan 9 kasus, dan Kabupaten Jayapura sebanyak 1 kasus.

“Terjadi pula penambahan PDP sebanyak 8 pasien dari Merauke dengan 1 pasien, Mimika dengan 1 pasien, dan Kota Jayapura dengan 6 pasien. Sedangkan untuk penambahan ODP berjumlah 117 orang. Di antaranya 15 orang dari Kabupaten Jayapura, 84 orang dari Mimika, 6 orang dari Boven Digoel, 9 orang dari Tolikara, dan 3 orang dari Kota Jayapura,” terang dr. Silwanus Sumule, Rabu (10/6) kemarin.

Sementara itu, kemarin dilaporkan ada 14 pasien yang dinyatakan sembuh. Menurut der. Silwanus Sumule, 14 pasien yang dinyatakan sembuh tersebut, 11 orang berada di Kabupaten Mimika, 2 di Kota Jayapura dan 1 di Kabupaten Kepulauan Yapen. 

“Tim Satgas ucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada semua pihak yang terlibat sehingga 14 pasien dapat dinyatakan sembuh dari Covid-19. Terlebih kami beri dukungan penuh di terhadap Kepulauan Yapen, di mana walaupun berjumlah 1 kasus di sana, tapi kerja petugas kesehatan di sana luar biasa,” terangnya.

“Hari ini (kemarin, red) mereka laporkan bahwa dalam dua kali pemeriksan Test Cepat Molekuler (TCM) menunjukkan bahwa pasien sudah dinyatakan sembuh dan selanjutnya dilakukan isolasi selama 14 hari. Hebat untuk teman-teman di Kepulauan Yapen,” tambahnya.

Ditambahkan, hingga Rabu (10/6) malam kemarin, diketahui bahwa total kasus positif kumulatif di Papua telah mencapai 1.147 kasus. Dari jumlah tersebut 816 pasien masih menjalani perawatan, 317 pasien dinyatakan sembuh dan 14 pasien meninggal dunia. “Sementara  ODP berjumlah 3.220 orang, PDP sebanyak 763 pasien, dan tes PCR mencapai 6893 sampel,” pungkasnya. (gr/nat)