Hanna Hikoyabi ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jayapura saat ini semakin mengkhawatirkan.  Selain angka temuan kasus yang terkonfirmasi positif meningkat, penyebaran Covid-19 ini juga sudah menjangkau beberapa kantor dinas di Kabupaten Jayapura.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Hanna Hikoyabi  menjelaskan, saat ini sejumlah kantor dinas di Kabupaten Jayapura sudah dihentikan sementara dari aktivitas perkantoran karena terpapar Covid-19.

“Ada beberapa kantor dinas yang saat ini kita liburkan karena adanya penyebaran pandemi Covid-19,” kata Hanna Hikoyabi, ketika ditemui wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Senin (21/9), kemarin.

Dia menyebutkan, beberapa dinas yang pegawainya terpapar Covid-19 dan saat ini sedang menjalani isolasi Mandiri di rumah sesuai dengan arahan dan petunjuk dari tim kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura. 

Dinas-dinas tersebut antara lain Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jayapura, Dinas Kominfo, Inspektorat.

“Untuk menghindari penyebaran Covid-19 yang semakin meluas, kita arahkan supaya dinas-dinas tersebut diliburkan dulu dari aktivitas di kantor,” ungkapnya.

Meskipun demikian kata dia, pelayanan  yang berkaitan dengan tanggung jawab dari masing-masing organisasi perangkat daerah tersebut, termasuk yang saat ini  sudah terpapar Covid-19 itu tetap berjalan maksimal. Bagi yang bekerja dari rumah tetap diarahkan untuk melaksanakan tanggung jawabnya menggunakan sistem online.

“Mereka tetap di rumah, tapi aktivitas atau tanggung jawab mereka tetap diselesaikan dengan baik, tentunya dengan menggunakan sistem online,” tandasnya.

Oleh karena itu, dia berharap agar seluruh pegawai dan staf yang saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah, supaya tetap mengikuti aturan protokol kesehatan sebagaimana yang sudah di sampaikan oleh tim medis maupun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura.

“Kemarin ada juga dari bagian barang dan jasa yang sempat kita isolasi, tapi sekarang mereka sudah berjalan kembali setelah kita melakukan penyemprotan disinfektan dan juga para pegawainya melaksanakan isolasi Mandiri di rumah,” ujarnya. (roy/tho)